01 July 2015

Mengejar PENYU hanya di Pulau Liukang

Tadinya sih gak ada niat
dan bertekad tidak ingin ke
Pulau seberang dari
Pantai Pasir Putih Tanjung bira ini..

penangkaran penyu di Pulau Liukang,sulsel

*selain efek trauma,
pernah ter-ombang ambing ombak di Belitung,
maka kalau mau naik kapal kapal kecil
rada seram seram gimana gitu...

Akhirnya karena rayuan maut
ajakan si abang abang
nelayan, antara kasihan,
penasaran, dan terbuai kata mautnya,
disana ada penangkaran penyu,
bisa berenang dengan penyu nya,
dan bisa snorkling juga,

Kesana butuh waktu tak lebih dari 10menit
dan 
pulau di seberang lebih indah dari Pantai ini..
wwoow..
pantai pasir putih ini saja sudah indah,
bagaimana yang dipulau seberang?

menyeberangi pulau liukang sulsel


menyeberangi pulau liukang sulsel
Menyeberangi Pulau Liukang

Tawar menawar, dari 300rb sampai jadi 250
peakseasson katanya bisa 500rb/kapal
bisa untuk 10 orang

ayukk deh..capcuss..
buru buru ambil pakaian renang di mobil.
tak lupa mengajak sopir rentalan
untuk ikutan ikut ke pulau seberang
maksud hati,
biar dia bisa bantuin moto-in kita getooh haha

deg deg ser naik kapal ini,
karena kapal ini, hanyalah kapal kecil kapal biasa
yang di tambahin motor..
kita melewati laut dalam,
dan tak lupa sambil berdoa,
(Pulang pergi) cuaca bagus dan kembali dengan selamat


penangkaran penyu di Pulau Liukang,sulsel
Penangkaran Penyu

Tak lebih dari 10 menit
saya sudah mulai melihat tempat Penangkaran penyu
penangkaran penyu ini,
berada sekitar 200 meter dari pinggir pulau Liukang ini.
bangunannya seperti bangunan
semi permanent, kayu-kayu,
untuk bisa ke penangkaran penyu ini,
kita membayar 10rb/orang,
bonus bisa benerang dengan penyu,
dan sudah dipinjamkan pelampung oleh si abang abang tadi
ya cukup murah meriah
kapanlagi berenang dengan penyu iya khan?

kalau di Bali, juga ada pulau kura kura
hanya bisa megang, namun tidak bisa berenang

kalau di lombok hanya penangkaran penyu biasa
yang ada hanyalah anak anak penyu di kolam
(seperti aquarium)

Kalau di Karimun Jawa,
katanya juga ada Penangkaran penyu,
namun sayang penyunya sudah pada habis :)



berenang dengan penyu,penangkaran penyu kura kura di sulsel


oya ternyata di area penangkaran penyu ini,
juga terdapat kamar kamar guest house
dan tempat makan seafood..
mmm ada gitu yang nginap di tengah pulau ini?

Pertanyaan umum pertama, yang ditanya yaitu:
"penyu ini, gigit gak? aman gak?"
trus kata si abangnya aman,
penyu ini tidak menggigit

anak anak gak sabaran berenang dengan penyu
katanya sih kolam penyu ini
sekitar 2meteran.
untungnya anak anak saya,
cukup bisa berenang,
mereka juga cukup berani berenang di laut
jadi saya merasa,
lumayan safety deh selain sudah pakai pelampung badan.


berenang dengan penyu,penangkaran penyu kura kura di sulsel
Dengan beraninya :)


berenang dengan penyu,penangkaran penyu kura kura di sulsel
Hayoo hayoo..ngumpet dimana??

berenang dengan penyu,penangkaran penyu kura kura di sulsel
Mengejar penyu yang ngumpet di belakang Tiang



berenang dengan penyu,penangkaran penyu kura kura di sulsel
penyu yang gede,Nakal nih..suka kabur



pulau liukang tanjung bira



pulau liukang tanjung bira, berenang dengan penyu
Two thumb..Berani banget !


anak anak dan bapake sudah duluan
berenang dengan penyu,
mereka malah dengan berani, dan cuek
ngejar ngejar dan narik penyu yang ngumpet
berusaha melarikan diri, dari raksasa hihi...
mengejar penyu tentu saja pengalaman baru dan seru

saya yang ganti baju renang belakangan,
antara ingin dan males berenang,
dikit deg degan sih, berenang ama penyu..
tapi kapan lagii..?
saya malah di ledekin sama anak anak,
karena gak nyebur nyebur

saya sih pengennya,
renang, sambil loncat tuh dari atas
kata bapaknya jangan loncaaat...
bapak nelayannya takut kali yak
penyunya shock trus matee
liat ikan pari besar mau loncat huahaua


tanjung bira, berenang dengan penyu


tanjung bira, berenang dengan penyu
Finally, saya berani juga..
tanjung bira, berenang dengan penyu
mmm...si Penyu, liat orang, maunya kaburan mulu


week begitu masuk ke kolam penyu,
terasa asin..!
saya lupa kalau ini lagi di laut (dodol..:) )
airnya sedikit dingin,
ah lama lama jadi enjoy berenang ama penyu

karena low seasson,
maka penangkaran penyu ini
serasa milik kita pribadi haha
untungnya sih saat itu hanya kita yang berenang dengan penyu
kalau lagi rame, pasti saling rebutan ngejar penyu hihi

menyesal udahan buru buru
berenang ama penyu ini,
soalnya mapikir snorkling lebih enak daripada mengejar penyu

trus buru buru suruh anak anak udahan
dan lanjut snorkling
bapak nelayan,
membawa kita beberapa meter dari penangkaran penyu


snorkling, Pulau Liukang
Untung anak-anak ga snorkling


mmm...
saya lupa,kalau saya belum pernah snorkling sebelumnya
pernah sekali diving,
tapi itu khan beda ada tabung gas nya,
atau dulu pernah bermain plosotan di tengah laut di Bali

dan ternyata saya tidak mahir
menggunakan google/alat pernafasan untuk snorkling.
makenya mengep mengep.
nafas belum biasa


snorkling, Pulau Liukang


jadilah begitu masuk dalam air,
saya agak panikan..
lupa cara nafasnya,hahaha
ditambah dengan arus ombak tiap bentar lumayan
menyapu muka, makin panik deh
otomatis nyicipin berapa galon air laut weeks
gak lebih dari 10 menit
saya bilang udahan, gak mau snorkling..
panikkan lagi, mau buru buru naik ke kapal.

padahal terumbu karangnya indah bangeet..
dan karangya cukup dekat
jadi kalau loncat dari kapal cukup bahaspya,
saking dekatnya.

sampai di Jakarta bertekad
bakal beli alat google dan
belajar di swimming pool dulu halaaah

sayangnya dari snorkling,
lupa minta kembali ke penangkaran penyu
si abang nelayan nya membawa kita
ke pinggiran pulau..


Pulau Liukang dimana
Anak-anak cuek bermain di Pasir di Siang Bolong...


Tenyata pinggiran pulau liukang ini,
tidak seindah janji surga si abang nelayan..
pasir pulau liukang ini, kasar kasar
dan seperti biji marica..
dan airnya tidak sejernih pasir putih.

pantai ini, gersang tidak ada penduduk yang tinggal disini,
herannya ada beberapa bule
yang duduk duduk cantik di kursi
disekitar area pantai
(kursi duduk, bukan kursi berjemur)

Everyplace is Honeymoon :)

Pulau Liukang dimana
Pasirnya Kasar dan banyak Sisa rumput laut


mmm..saya tidak betah lama lama
di pinggir pantai liukang ini,
kemudian kami segera kembali,
ke pasir putih..
dan menghabiskan beberapa jam disana..




jalan jalan ke Pulau Liukang dimana
Back to Pasir Putih Tanjung Bira

Untunglah cuaca sangat bagus.
dan kembali ke seberang,
anak anak lebih enjoy
selama di kapal, daripada waktu berangkat

love the day


Masih Banyak Cerita Lainnya
Jangan Bosen ya..

baca juga :




No comments:

Post a Comment

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---