12 June 2015

Kete ketsu --> Tidak Hanya Tongkonan dan Lumbung Padi

Cerita dari Toraja saya belum berakhir
Hehe jangan bosan
Ini cuma ingin berbagi cerita
Mudah-mudahan bermanfaat

Objek wisata selanjutnya
Saya menuju Kete ketsu
Kete ketsu merupakan suatu desa
Yang terdapat Jajajaran
rumah adat Toraja/tongkonan
(menghadap utara)
Di persis depan tongkongan ini
Terdapat lumbung padi

Rumah adat Toraja = Tongkonan

Yang di yakini oleh masyarakat
toraja sebagai simbol kemakmuran
Ada istilah di Toraja
Belum makmur sebuah keluarga jika
Belum memiliki lumbung padi

Episode " Extreme Honeymoon"


ini Lumbung Padi

Di daerah Kete Ketsu inilah
Sering di adakan upacara potong kerbau
Sayang saat saya lagi disini belum
Ada upacara.
Biasanya upacara ini berlangsung
bulan juni-agustus atau desember
Acara ini, sengaja di atur diadakan bulan tersebut
Agar wisatawan bisa ikut
Menyaksikan prosesi upacara dan
Tentunya dapat meningkatkan jumlah wisatawan

Kabarnya bulan juli nanti
Akan ada pemotongan 300 kerbau
Yang diadakan oleh Bupati Papua woow..
Saluut..
Kalau 1 kerbau 100juta,
Nah 300kerbau
Bisa habis berapa M yaa? Ckckck..


Hijaunya, Ktete Ketsu



Ada untungnya saya datang tidak di saat big seasson
Selain sepi,
Saya bisa loncatan bareng keluarga di depan
Rumah adat toraja in..
"Kata sopirnya, disini bisa foto loncat bareng..
Yeeay senangnya"

Ah.. Sayang, saya tidak crosck
Kembali foto yang sudah dibantu ambil
Oleh sang sopir..
Ternyata dia tidak se-expert
Si abang pembawa petromak di londa
Hasil jepretannya mengecewakan
Padahal sudah loncat berapa episode tuh
Cry..


Senenng banget, akhirnya kesampaian keSini

Lumbung Padi Toraja


Yang di foto dan memoto


Ini Tanduk Kerbau asli


Di tongkongan ini,
Bahkan berjejer lebih dari 10 tanduk kerbau
Mmm.. Simbol upacara orang bangsawan.

Percaya atau tidak katanya lagi
Di tongkongan ini, sudah ada yang berusia 300tahun loh
Woow.. Kayunya kuat banget yaa
(Dan modelnya tidak pernah ketinggalan zaman)
Rumah jaman sekarang mungkin tidak sekuat itu

Nah beranjak dari 2 rumah tongkongan ini
Ada gang,
Yang ternyata ada akses jalan
Menuju kuburan gong
Yang terbesar di Toraja
(Mmm ternyata Toraja memang tidak jauh
Dari wisata kuburan yaa) 
Saya pikir Kete Ketsu,
hanya melihat Rumah Adat toraja/Tongkonan ini saja

Untungnya sih anak anak
Udah gak panik lagi :)


Berada di samping Kete ketsu, setelah 2 lumbung Padi


Gong Besar ini, merupakan salah satu Kuburan Bangsawan Toraja


ini samping, Gong besar


Kuburan Lainnya, Bangsawan Toraja

Kuburan gong ini bentuknya gong besar
yang di cor dengan semen dan
Di atasnya di bikin seperti rumah/lumbung

Tidak hanya kuburan gong,
Di kiri kanan dan belakangnya
Juga terdapat kuburan-kuburan besar lainnya
Kuburan ini pastinya adalah
Kuburan para bangsawan..
Hanya kaum bangsawan dan
Ekonomi tingkat atas yang mampu
Membuat kuburan layaknya istana seperti ini 


Sisi Atas Gong ini, masih terdapat Objek wisata yang lebih eksotic lagi

Bagian Bukit ini, juga Penuh dengan Kuburan dan Tau-tau (Patung dummy orang meninggal)

mmm, biaya pemakaman yang mahal, namun kenapa Tengkorak ini, dibiarkan menumpuk seperti ini ya??

Tulang belulang, usianya ada yang lebih 300tahun


Pantes Preweddingkah disini??


ah..Foto Keluarga saja




Saya pikir kete ketsu hanya sampai kuburan ini saja

Ternyata di atasnya
Juga terdapat bukit,
Bukan goa yang bisa dimasuki
Seperti di Londa

Nah di bukit ini
Banyak berjejer, peti peti jenazah
Saya baru sadar
Ternyata peti ini pun di ukir dengan bagus
Full ukiran dan berbagai bentuk.
Peti ini tampaknya sudah lama
Ada yang keropos, dan
Tampak tulang tulang di dalam peti tersebut
Dan beberapa juga terdapat tulang tulang di luar peti




Dalam bukit ini, terdapat teralis besi
Yang di kunci,
Didalamnya penuh dengan patung patung
Yang disebut tau-tau
Mirip jenazah yang telah meninggal
Katanya sih untuk menghindari
Pencurian tau tau dan harga jenazah
(Yang dulu sering terjadi)
Yang di yakini bisa membawa rezeki.

Finally, saya bisa juga belanja belanji di Toraja ini
menyesal tidak belanja banyak,
(mengingat saat itu, saya harus kembali ke makassar,
tidak ingin membawa banyak Barang bawaan)
di Toraja ini harga Harga masih cukup murah
di bandingkan dengan Makassar

Misalnya, gantungan kunci disini 20rb dapat 10biji
di Makassar 30rb dapat 7biji
dan baju kualitas bagus harga 35rb, kalau di Makassar 65rb
nah..kalau kalau mau,
Shopping saja di Toraja

Area shopping

Sibuk milih milih..


Kerbau Bule ini 150rb, kalau di makassar 300rb hiik..- Sudah Murah karena Realnya 1,2 M kata Abangnya

Jalan jalan ke Toraja ini,
membawa cerita unik dan
memiliki pengalaman tersendiri,

Unik yaa Toraja
Sungguh, Saya suka wisata ke Sini
Mmm.. Inilah kekayaan
Budaya masyarakat Toraja
Yang tentunya sangat unik
Dan hanya 1 di Dunia,
Budaya ini Bahkan telah di akui oleh Unisco

Dan kabarnya pemerintah
Sedang membangun Airport International
Di Toraja ini.
Meskipun Sudah terdapat airport
Di toraja, namun airport
Cukup jauh dari objek wisata

Yaa semoga saja,
Dengan adanya pembangunan
Wisatawan tidak hanya 1x
Berkunjung ke negeri ini..


Kerbau Bule ini, bisa bernilai 800-1,2 M lohh

Orang kota, Bangga bisa berfoto dengan Kerbau ini xixixi

Ternyata Toraja Taman Mini Tidak kalah Cantik, it's look Real..


baca juga :

Luta resort Toraja --> breakfast 100% halal
Ke-Kuburan bayi Kambira
Kuburan Batu Lemo, Toraja


No comments:

Post a Comment

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---