24 May 2015

Jelajahi Makam Belanda di Kebon Raya Bogor

Dari Taman topi/ade irma
Kita naik angkot ijo no. 2
Menuju Kebon Raya Bogor

(Yaa iyalah. Semua angkot di Bogor warna hijau)
Biar kalo beli cat warna ijo lebih murah
Khaan grosiran? Hihi apa coba !

Siap Menerima Tantangan Dunia Lain Kids??

Bilang aja sama si abang nya mau ke Kebon Raya Bogor
Trus tepat dipintu masuk (pintu samping)
Si abang angkot tadi pasti ngasih tau
Kalau sudah sampai
Ongkosnya 3rb per orang



Masuk ke kebon Raya Bogor
Dikenalan Biaya Masuk 14rb/orang
(Perasaan dulu cuma separo nya:) )
Ahh.. Entah berapa tahun yang lalu
Pernah bermain di Kebon Raya Bogor ini
Mungkin 4 tahun Yang Lalu..
Waktu cepat berlalu..

Sekedar sharing foto
di Kebon Raya Bogor
Senangnya Foto tersebut masih ada 
Atas (Topi), tahun 2011
Bawah (pemotretan) 2008
mmm Waktu memang cepat berlalu.. 

(foto) Tampak Tilas


lagi tidak beruntung melihat Raflesia

Jika tiap sabtu/minggu/libur
Kendaraan dilarang masuk ke dalam kebon Raya Bogor ini
Namun jika Weekday.. Mobil boleh masuk..


Pintu Masuk Utama


Karena saat itu Hari Libur Nasional
Maka sayapun harus berjalan kaki
Tujuan saya cuma satu yaitu
ketempat penyewaan sepeda
Yang berada arah pintu masuk
Sisi lainnya


Loket penyewaan sepeda

Lumayan Ramai saat Libur Weekend kali itu

Untuk menyewa sepeda ini,
Pengunjung dikenakan biaya:
10rb untuk Sepeda kecil
dan 15rb untuk sepeda yang besar
Dan harus meninggalkan KTP asli sebagai Jaminan..

Sayang banget, untuk sepeda kecil roda 4
Belum tersedia di dalam Area Kebon Raya ini
Dan untuk sepeda yang ada boncengannya pun
Juga tidak tersedia hiikss..
Terpaksalah kita cuma menyewa 2 sepeda
Untuk si kakak dan si mbak..

eiits..Jam 4sore petugas sepeda ini
buru-buru membubarkan diri..
(mmm itulah bedanya pengelola pemerintah vs swasta)


Tidak tersedianya sepeda Untuk anak dan Boncengan disini


Mobil/ Bus yang siap membawa pengunjung berkeliling Kebon Raya

Sementara, saya, suami dan adek
Harus ikhlas hati, berJalan Kaki
Gpp deh.. Emang lagi program pelangsingan
*menghibur diri

Sebenarnya Juga terdapat Mobil keliling, 
Dengan biaya 10rb/orang
Untuk mengitari kebon Raya bogor yang luas ini
Namun saya lagi gak mood keliling pake mobil
Ditambah melihat antrian panjang untuk naik mobil ini
Makin mantab program Pelangsingan saya..




ahh..bola ini lebih Identik dengan kebon Raya Bogor dibandingkan Rafflesia

Daun Teratai bisa sebesar ini..norak


Dengan jalan santai,
Dimana ada tempat yang oke kita futu-futu dulu
Termasuk, background Istana Presiden
Duh kapan yaa bisa masuk ke sana
(Saat ini cuma bisa futu di backgroundnya dulu hhiiks)

Jalan-jalan santai di kebon Raya Bogor
Sebenarnya asyik juga
Selain sehat, bisa melihat hijaunya pepohonan..
(Mungkin dari sinilah inspirasi warna angkot !)




Tak sengaja kita melihat ada makam Belanda..
Akhirnya mampirlah kita di Makam ini.. 
Suer, setelah beberapa kali kesini
Baru Ngeh ada Makam disini, kemana saja ya saya???

42 makam ada disini, bentuk dan Ukuran Variasi

Binggung harus berdoa atau tidak
Atau perjalanan saya ini
tidak pantas juga di sebut wisata Religi

Area makam ini, berada agak kedalam
Di tutupi oleh Pohon pohon bambu yang menjulang tinggi
Meskipun begitu, jika ingin mampir 
Ada petunjuk arahnya kok

Sekali sekali, tidak ada salahnya
kita melihat dan menjelajahi aneka kuburan xoxo
Saya memang Travelling yang aneh !

Selain mengingat Hidup
sangat dekat dengan Kematian

Saya suka Makam yang ini, Unik

Ada 42 makam di sini, tampak Besar besar dan terawat
Menurut penjelasan,

Makam ini sudah ada sebelum adanya kebon Raya bogor ini
Ada makam tertua jauh sebelum tahun 1817
Dan yang termuda tahun 1958
Orang Belanda yang ahli Botani,
namun pindah menjadi WNI
Berarti makam WNI doonk bukan Makam Belanda ;(

Penjelasan mengenai Makam Belanda


Mengamati



Ada yang unik dari makam ini,
Di antara makam makam ini, berbeda satu dengan lainnya
 
Bentuk Nisa dan Bentuk makam pun juga berbeda
Ukurannya ada yang besar dan ada yang kecil
Kesamaan smua berwarna putih
Makam disini, nisannya besar-besar,
Tapi binggung tidak ada batas makam ini
Berbeda dengan Makam muslim atau di sandiego hills
Yang jelas dimana depan (arah kepala) dan ujung makam


Tidak Jelas, mana Ujung Makam , dan letaknya pun tidak beraturan (sedikit serong)

Nah makam ini arahnya tidak sama,
Malah tampak serong dan tidak teratur..
Cukup lama saya disini,
Hanya sekedar merenung, mengitari dan
membaca nama di Batu nissan
Yang pusar nyaris tidak kelihatan..

Kalau Malam, manteb ya Tantangan dunia lain+ pohon bambu besar kiri Kanan ...

Lama kelamaan, makin banyak juga
Pengunjung yang menghampiri area makam ini..

Setelah itu kita beranjak, kembali
Ke arah penyewaan sepeda
Untuk bertemu si kakak..

Bahkan saya tidak mengunjungi
Jembatan merah, yang cukup identik
dengan kebon raya bogor ini
Selain sudah pernah,
Kakipun sudah murah berasa Pegal
*seperti nya ini karena faktor U xoxoxo


yeaay disini ada Souvenir Rafllesia


Mampir sebentar ke Garden
Dan saya ketemu Souvenir Rafllesia
Lumayan sebagai mengobati kerindunan
Ingin melihat Rafflesia yang sedang mekar
Tapi tidak kesampaian..


PP- naik ngantkot

Pulang dari kebon raya bogor
kita jalan kaki, menuju Perempatan
(Maklum, didepan Kebon Raya ini,
Ternyata 1 arah)
Karena kasihan sama anak-anak

Karena kecapean, kembali kita naik angkot
Menuju Stasiun



Ada kenangan tersendiri
Wisata yang seru ke Bogor dengan membumi
Bye bye Bogor

Alamat Kebon Raya Bogor
Jalan Ir. Haji Juanda No.13 Bogor, 16122, Indonesia


Berburu Castle Cinderella 
Hanya sehari, ke Venice 

 

No comments:

Post a Comment

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---