30 October 2013

Dimana itu muara kamal ?

Wisata 3pulau, cuma 100rb !

Sebenarnya, niat mau ke pulau seribu tuh udah lamaaa banget, sejak awal merit..
7tahun setelahnya baru kesampaian! Parah :(

Serasa Mr n Mrs Pirate kalo Naik kapal ini




Itupun juga karena ada promo yang sangat menarik hati,
Dapat newsletter, paket ke pulau seribu, cuma 100rb, untuk menjelajahi 3pulau.
Yaitu pulau kelor, pulau cipir dan pulau ondorust

Siapin Mental, jika Lihat dan mampir ke sini

Di syarat dan ketentuan, disebutkan kalo keberangkata nmeeting point di muara kamal..
Duuh dimana itu?, saya cuma tau muara karang, sama gak? Ooh ternyata betapa kupernya saya!

Cari2 info di internet, sangat minim sekali membahas tentang muara kamal ini..
Klik disini ya.. (Untuk cerita nya)

Kumuhnya  Dermaga Muara kamal

Akhirnya sampailah, kita ke muara kamal,
Dengan minus perjuangann sebenarnya (karena sudah booking taxi dari malam harinya, dan amat sangat memastikan ke operator telp taxi, mengirimkan sang sopir yang tau jalan ke sana hikks..) bete khan, udah saya gak tau jalan, sang sopir nanya2 lagi..paling males..(curhat!)

Jam 6.20 kita sudah di taxi.. (Setelah mengurus anak dan perlengkapannya tempurnya)
Naik tol, dan gak pake macet, cepat sampai ternyata, jam 7 kita sudah sampai di muara kamal.
Biaya taxi dari kebon jeruk ke muara kamal sekitar 88rb+Tol 10rb=Total 99rb
Bersyukur tidak jadi bawa kendaraan sendiri, kalo gak pasti kepikiran, aman atau selamatnya mobil disini..
Karena parkiran sangat terbatas, dan area pasar ikan!


Weleeh, ternyata muara kamal tuh, merangkap sekalian pedagang ikan, dan TPI -tempat pelelangan ikan, di pagi hari..
Alhasil, baunya amat menyengat, dan sedikit becek..
Untunglah anak2 ku, tidak terlalu rewel melewati jalan yang becek.
Ya setidaknya mereka bisa kenal dengan kehidupan bawah.

Sedikit melewati jalanan kecil seperti gang, janjian dengan guide di dekat mushalla sekitar sana. (Alhamdulillah, meskipun pemukiman padat nelayan ini, masih ada mushalla yang masih aktif dipakai).

Sayang Toilet mushalla ini, di pakai untuk mencuci, Ambil Air bersih untuk di jual kembali, dan keadaan WC yang cukup parah, Pintu bolong dan sistem pintu geser (alias, jika mau ke WC silahkan angkat pintu dan Geser hahah), pintu enselnya juga udah copot.
terpaksalah, saya yang mau Pipis, harus di kawal dulu di depan, takut kalo di intip atau ada yang tiba2 masuk hiiks...

Dan ternyata sudah banyak yang berkumpul di area mushalla ini.
Sepertinya, ada 2 tour yang menghandle keberangkatan ke pulau ini, meskipun sama.


Lagi2 layaknya orang Indonesia, pastilah jadwal keberangkatan selalu mundur.
Dan benar saja, jadwal berangkat, jam 7.30, guidenya amat santai baru berangkat jam 8.30, (tanpa ada permintaan maaf) tapi ya sudahlah..

Berangkat dari muara kamal ini,
Jangan berharap naik dengan kapal cepat seperti di pantai marina ancol, (murah meriah kok minta fasilitas mewah hikks..)

Kita berangkat dengan kapal boat biasa,
Kapal ini, dengan kapasitas sekitar 25-30 orang, tentu saja kapal kayu, mirip seperti kapal nelayan dengan ukuran sedang, dan dilengkapi dengan mesin.

Tampak tidak ada lampu di kapal ini, bahkan di bagian bawah, ada berapa lobang, dan kayu yang sudah mulai lapuk.(meskipun tetap aman, karena terdapat 2 lapisan kayu, pada bagian kaki untuk penumpang).

Dan tentu saja tempat duduknya juga terbuat dari kayu. Jangan berharap bisa nyender ya atau tiduran enak didalamnya hehe..




Mmm..bersyukurlah perjalanan menyeberangi pulau cuma 1/2 jam,
Sehingga punggung pasti kuat. (Lebih dari itu, saya akan mikir 2x naik kapal ini ;))




Yang pasti..
Dari semalam saya shalat dan meminta doa,
Agar cuaca saat ke pulau seribu ini, cerah dan amat cerah..
Karena oktober khan musim hujan.(bahkan sudah 3hari ini, selalu hujan)
Takut trauma kemaren di perahu, kejadian lagi..

Beruntunglah sang guide, juga mengingatkan seluruh penumpang kapal, ikut berdoa, agar perjalanan selamat pulang pergi..

Bismillah..
Kapal siap berangkat..cusss....

nb :
Cara Akses menuju dermaga Muara Kamal – Jakarta Utara:
  1. Transjakarta menuju Kalideres turun shelter, naik angkot carry plat hitam ke Muara Kamal sampai mentok Muara Kamal atau Tempat Pelelangan Ikan (Rp.6.000), jalan kaki menuju dermaga Muara Kamal.
  2. Bis apapun yang jurusan Kalideres turun di Perempatan Cengkareng (ciri ada Ramayana), naik angkot carry plat hitam ke Muara Kamal sampai mentok Muara Kamal atau Tempat Pelelangan Ikan (Rp. 6.000), jalan kaki menuju dermaga Muara Kamal.
  3. Dari arah Tangerang naik angkutan apapun yang menuju Grogol, turun di Perempatan Cengkareng (ciri ada Ramayana), naik angkot carry plat hitam ke Muara Kamal sampai mentok Muara Kamal atau Tempat Pelelangan Ikan (Rp.6.000), jalan kaki menuju dermaga Muara Kamal.
  4. Taksi sampai Tempat Pelelangan Ikan Muara Kamal, jalan kaki menuju dermaga Muara Kamal. Jika Peserta tidak mengetahui rute dari tempat asal menuju transit, bisa menanyakan ke panitia. Panitia siap membantu.
  5. untuk Pulang dari Pulau seribu, Dont worry Dari muara kamal ternyata, banyak mobil omprengan yang sudah menunggu (bahkan rebutan), dengan tarif Rp 7rb/orang kita bisa di antar sampai rawa buaya


Next story
Wisata 3pulau, cuma 100rb !-->di Pulau Seribu
Alat tempur jika Ke Pantai
 Asinnya Pasar Ikan Muara Kamal









Sent from my iPad

9 comments:

  1. Thanks Infonya (y)

    ReplyDelete
  2. 14 sept mau kesana ni, dulu pake travelnya apa?
    aku dapet dr groupondisdus

    ReplyDelete
  3. Kalo basa motor trus dititipin di dermaga muara kamal atau rawa buaya bisa gak??

    ReplyDelete
  4. bermanfaat bnget...thx yaaaaa..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya... gak rekomen ya buat bawa mobil sendiri ke sana ya? kalau terpaksa harus bawa karena kami jauh banget dan rombongan dari cikarang, jadi rencana sewa mobil, apakah ada tempat parkir?

    ReplyDelete
  6. nama travelnya zona wisata bukan ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas bisa hubungi travel kami di nomor 081291294639 / 085780760209 carly tour n travel

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  7. Mas ihsan kamil..untuk travel bisa pakai carly tour n travel cp: 085780760209/081291294639 dg saya sendiri Dewi Anjani kami sering melayani perjalanan ke sana..dan masih banyaka lagi

    ReplyDelete

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---