27 April 2013

Jangan ngaku kreatif -->kalo belum ke INNACRAFT


Yup..benar, belum kreatif, kalo kamu belum buka stand di innacraft ataupun belum datang meski sekedar cuci mata ke jcc ini..
Innacraft hadir kembali di bulan april ini.., ya innacraft seperti namanya, tempat berkumpulnya pengusaha2 industri kreatif dibilang kerajinan tangan. Ya harusnya memang pengusaha kerajinan tangan, seperti seni pahat, kermik, rotan dan bla2 ya..,tapi innacraft ini, selalu tidak pernah luput, dengan pengusaha batik, sulaman, baju muslim, jahit tangan dan sebagainya..

Suka banget dengan slogan innacraft kali ini

Saya, tidak pernah absen setiap tahunnya datang ke innacraft ini..
Selain sumber inspirasi, juga sebagai tempat cuci mata, dan saya lebih puas jika ke innacraft ini, seorang diri, tanpa harus ter-intimidasi dari pihak manapun, harus pulang cepat, ataupun harus saling tunggu menunggu di satu stand dan stand lainnya..

Untuk masuk ke pameran innacraft ini, tahun ini, dikenakan dengan biaya 20rb/orang, per-hari, jika ingin keluar gedung, bisa minta stempel ke petugas pintu keluar.
Tari sambutan untuk tamu yang hadir di innacraft
Entah apa alasannya, setiap pameran2 keren yang diadakan di jcc ini seperti pameran innacraft,mobil, gadget,franchise dll, pengunjung selalu dikenakan biaya masuk.., hanya pameran propertylah yang masuk tanpa dikenakan charge hiikss...

Padahal, dengan biaya stand sekitar 25juta perstandnya (untuk 4hari saja) tarif tahun ini, (itupun saya ketahui dari pihak penjaga stand), sudah sewajarnya pengunjung tidak patut dikenakan biaya masuk lagi..
Pihak panitia, dan gedung tidak mau rugi sepertinya..(ataupun, mungkin untuk menghindari menumpuknya pengunjung yak?, ah padahal semakin rame pengunjung, tentulah juga menguntungkan bagi,yang membuka stand disana).

Dulunya, saya selalu kepikiran, kenapa ga membuka pameran juga ya di stand innacraft, tapi setelah mikir dan mikir, kayaknya produk dan pasar yang saya tuju, memang belum cocok untuk buka stand disini..bisnis saya di pakaian baju muslim, namun mencari segmen pasar grosiran.., dan harga stand yang tidak masuk akal bagi kantong saya haha..

Produk2 unik, bisa anda temukan disini..

Saya datang di hari ke2 pameran, berharap pameran innacraft sedikit sepi..
Ternyata, begitu masuk kawasan parkiran..aduuh maak.. Penuh kali..,mobil sampe macet begini dari pintu parkir, syukurlah, saya saat itu berangkat dengan motor..jadi ya sedikit express..


Di dalam kawasan innacraft, saya langsung bertemu dengan stand2batik, kebanyakan pengusaha bahan2 batik langsung dari jawa, ada stand bahan ataupun langsung baju jadi.., bagus2 banget dengan corak dan warna yang tidak terlalu pasaran..

satu-satunya stand yang membuat saya rela mengeluarkan kocek cukup dalam..

Banyak yang saya taksir dari pameran ini..
Begitu saya tanya harga2 disini, selalu saja bikin dengkul lemas,kantong mules, dan akhirnya gigit jari..jangan heran, harga di tawarkan selangit rasanya..(jika ada langit ke8, mungkin boleh disebut demikian..)
Kok ya rasanya harganya ga wajar amat ya.., misalnya untuk blus muslim sekitar 350rb-750rb, dan untuk gamis 750-2jutaan.., ya kalo saya mah ogah membeli produk2 hanya sekali dan 2 kali pakai dengan harga begitu..yaa akhirnya cuma bisa gigit jari hahha..sekedar cuci mata saja..

Abisnya ya saya sudah terbiasa bergelut dengan pasar tanah abang, yang serba ada,serba murah dan kualitas juga gak kalah2 amat.., jadi harga2baju fashion dengan tarif begitu ya tidak masauk akal bagi saya.. Ibaratnya membeli baju 1 di innacraft dapat 1 lusin di tanah abang dengan model dan kualitasyang sama hihikks... (Beti-lah bahan2nya)
Oya saya pernah punya pengalaman membeli produk di innacraft seharga 300rb, tapi begitu keliling tanah abang, saya ketemu dengan produk yang sama persis seharga 50rb..(sial banget..mengutuk habis2an..),
Sejak saat itu, saya berpikir 5x untuk membeli produk di innacraft, kalo tidak unik2  banget ataupun jika bukan suatu hal yang amat dibutuhkan.


Ini, tentunya pengaruh dari harga stand yang sangat mahal tadinya..(baca diatas), maka tak heran, yang buka stand, cenderung menaiki harga 10-100lipat dari modal..
Seandainya harga stand tidak terlalu mahal, tentu saja, harga produk tidak akan melonjak begini..

Ibarat, ada gula ada semut..
Biar dikate, semahal apapun produknya, semahal apapun standnya, semahal apapun tarif masuknya..
Tetap aja, pengunjung ruaamee berbondong2 hadir disana..
Banyak juga ibu2 yang pulang tampak membawa penuh kantong belanjaan.
Dan banyak juga pihak2 investor, calon supplier, calon custommer yang memanfaatkan peluang disini, untuk mendapatkan informasi..


Bagi saya yang jelas..
Hadir di innacraft membuka wawasan kita, membuka gerbang informasi, dan membuka peluang usaha, serta bisa mengukur kemampuan kreativitas kita..oww..ternyata memang lebih banyak yang creative dari saya disini..
Dan jangan sombong..ayo pacu terus, dan jangan gampang menyerah...

Maju terus industri creatif indonesia..
Maju terus innacraft indonesia.


Tips ke innacraft
-jika bisa berkunjung di hari 1-2 pameran(selain weekend/libur), menghindari membludaknya pengunjung
-pergi seorang diri jauh lebih enjoy dan puas (jcc bukan pameran rekreasi keluarga, jadi tidak perlu repot2 membawa anak2, apalagi suami haha)
-pastikan sepatu dan sendal, yang anda kenakan saat pameran, nyaman dan enak dikenakan (untuk menghindari gampang capek, dan akhirnya tidak semua stand bisa terkelilingi)
-parkirkan kendaraan di luar jcc, menghindari kemacetan masuk dan keluar, trus naik saja ojek ke jcc.
-jika tidak mampu menahan diri untuk godaan shopping..bawalah uang secukupnya (versi anda) dan tinggalkan kartu debit dan kartu kredit di rumah..
-hati2 lah berbelanja, pastikan produk unik, tidak pasaran dan harga produk tidak terlalu  mahal/harga yang masuk akal, bisa saja, produk yang anda beli ada harga yang jauh lebih murah dari pameran jcc.
-tidak ada salahnya kelilingi dulu semua stand, memilih2 produk yang lebih cocok, sembari menanyakan harga yang ditawarkan si penjual (sebagai perbandingan harga nantinya)

                                      ...HAPPY SHOPPING...

No comments:

Post a Comment

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---