07 February 2013

horeey..melancong sendirian !!

Terus terang sih, ini perjalanan pertama kali gue dengan melancong seorang diri, dan tanpa kenyamanan seperti biasanya..
biasanya duduk manis, pesan tour dengan paket plus jemput di airport dan plus booking hotel..

kalo sekarang, karena perjalanannya bukan untuk tujuan melancong dan sedikit tergesa-gesa, maka tentu saja lupakan soal tour..



Tujuan kali ini adalah Kuala Lumpur dan lanjut ke melacca.
karena di Kuala Lumpur ini, terdapat 2 international airport, maka harap perhatikan perbadaan airport,
1.     Airport KLIA (Kuala Lumpur International Airport), biasanya airport dengan flight selain air asia
2.     Airport LCCT (lower cost Carrier terminal), airport ini hanya khusus untuk pesawat Air Asia saja.

kebetulan saat itu, saya menaiki flight lion air dari Jakarta ke Kuala lumpur dengan harga tiket cukup murah Rp 300.000 + airport di Jakarta tax Rp 150.000,
sebenarnya bisa saja, Jakarta-Melaka (namun transit di pekanbaru) sekitar 6jam lamanya, namun saat itu harga tiket Sangat Mahal Rp 1.5juta,
maka akhirnya saya putuskan untuk transit dulu di Kuala Lumpur, trus lanjut ke Melaka dengan Bus.. (ya itung-itung saya belajar menjadi naked traveller haha)
Begitu pesawat landing di Kuala Lumpur, kita akan sedikit binggung di hadapkan dengan banyaknya Duty Free shop, padahal ini belum melalui immigration loh..(jadi nanti kita akan ketemu, terminal keberangkatan), nah jika ingin shopping dan killing time, bisa jalan2 dulu di Duty Free shop ini, (untuk harga produk2 anak2 seperti merk Barbie,mickey dan disney lainnya), harganya sama persis seperti harga di mall.



jika tidak ingin shopping di Duty Free shop, anda bisa langsung menunggu train, yang berada di tengah airport, train ini hanya akan berhenti 1 kali, begitu berhenti, langsung saja turun, dan turun lagi dengan escalator, kemudian menuju pengambilan bagasi. (jangan lupa lihat nomor pesawat dan asal keberangkatan di layar monitor ya..)
lanjut menuju bagian imigrasi, jangan lupa pilih foreigner karena wajah kita juga mirip rumpun melayu, kadang kita sering di suruh antrian warga Malaysia haha.dan jangan lupa siapkan passport.

dari imigrasi, jika kita sudah di jemput oleh saudara/pihak hotel maka bisa langsung turun ke lantai 1, namun jika tujuan kita sambung dengan BUS, maka kita naik lift ke lantai 2, kemudian belok kiri. sampai ujung ketemu dengan lift, bisa turun ke lantai bawah. disana ada bus stop, beserta tiketnya.
Ingat kalau membeli tiket untuk keluar kota di Malaysia ini, langsung di counter tiket, sopir bus disini, tidak mau menerima uang dari penumpang, begitu juga jika bangku sudah terisi penuh, sopir tidak akan mau menerima kita meskipun berdiri dan bayar (emangnya di Indonesia hiiks..), dan bus disini, kebanyakan menggunakan jadwal-jadwal tertentu, untuk jadwal keberangkatan bus KL-Melacca bisa dilihat di website http://www.busonlineticket.com/ dan bisa dibeli secara online (saat ini hanya bisa menggunakan debit Malaysia ya), untuk harga tiket Transnasional KL-Melaka dengan tariff RM 21.4, dan naik taxi dai KL ke melaka sekitar RM 150 (tergantung jumlah penumpang)

untuk rute KL-melaka, bisa dengan bus Transnasional, ada gambar bendera pada bagian Bus,untuk KLIA airport, bus ini berhenti pada peron 8 (silahkan Tanya orang disana), dan bus ini, akan mampir dulu di LCCT

Jarak Kuala Lumpur-melaka, sekitar 2 jam perjalanan , tentu saja jalanan disini amat sangat lancar, jadi prediksi waktu bisanya tidak akan jauh berbeda, Bus Transnasional, ini akan berhenti di Terminal Bus Melaka, jika ingin menuju Mahkota medical, bisa di access dan praktis menaiki Taxi sekitar RM 15=Rp 45rb

Dan jika anda berada di Melaka ingin menuju Kuala Lumpur, Bus ini bisa berhenti di Mahkota medical (usahakan 10 menit sebelumnya anda sudah berada disana), karena terlambat sedikit, bus ini akan berangkat, dan lanjut menuju Terminal Bus Melaka, Jangan lupa pesan dulu tiket minimal 2jam atau 1 hari sebelumnya, menghindari penuhnya tiket Bus.
untuk pembelian tiket bus di melaka ini, bisa di beli di dalam rumah sakit mahkota medikal, (disamping seven eleven), atau di terminal Bus melaka, atau via website
http://www.busonlineticket.com/ 

oya Bus Transnasional ini, akan berhenti di LCCT terlebih dahulu, kemudian 10 menit berikutnya lanjut ke KLIA, jika anda ragu, bisa menanyakan sopir, posisi Airport saat bus berhenti, untuk menghindari salah jalan
dan untuk akses ke KLIA dan check in tiket, silahkan baca tulisan saya dari atas.

No comments:

Post a Comment

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---