05 February 2013

12 jam berada di Imigrasi dan Kecewa


Semalam ga bisa tidur, 
Gara-gara terlalu berharap banyak dengan perubahan birokrasi di negeri ini hiiikss…

Tadinya, sudah berharap banyak dengan “Jasa Pengurusan Pasport”, yang gue dapat dari mbah google, 
nanya sana sisni, beberapa Agen pengurusan, mereka bilang TIDAK bisa mengurus passport expired 1 hari jadi, max 8hari wadduuh. Trus tiba2 ada 1 orang agen bilang, kalau dia bisa mengurus passport dalam 3hari saja, dengan pasang RATE tidak masuk akal 1,3juta wooww.., okelah karena gue sangat butuh, mau ga mau let’s go..

Esok harinya, gue dan suami sudah mendarat di imigrasi Jakarta barat, sms dan telp agen jasa passport tersebut, oh my god, ternyata gue kemaren lupa ACC deal, dengan agen tsb, aduuh gimana ini??

Akhirnya suami bilang, “oke kita lihat dulu di dalam”

file khusus warna kuning untuk pembuatan paspor


 
Pintu masuk imigrasi Jakarta barat ini, berada di belakang (tidak tau alasannya apa), mungkin mengikuti fengshui kali yaa..jiaaah haha)
Di pintu masuk utama, satpam langsung suruh ambil formulir, dan print no. antrian (perlu di ketahui, untuk antrian perhari ini, di hanya tersedia max 100 nomor saja..jadi telat sedikit, terpaksa harus kembali lagi besok hari, atau hubungi calo terdekat haha.
Sementara setelah mengambil no. antrian, kita di suruh menunggu pada bagian sisi sebelah kanan, untuk menanyakan prosedur harus ngurus ini dan itu, loket mana dan bagaimana, Jangan Pernah bertanya pada satpam, mereka akan menjawab tidak TAHU..

Sedang duduk manis, nunggu antrian, tiba2 suami memanggil, (gue kira, dia sudah menemui calo baru), tapi ternyata suamiku, mengasih tau, ternyata di pojok Luar ada ONE DAY SERVICE.
Sedikit binggung, apa bedanya one day service dengan loket2 yang ada di dalam ruangan.

Oke ternyata ONE DAY SERVICE ini, semacam program baru dari pemerintah DPRI (dewan perjalanan Republik Indonesia), merupakan system uji coba untuk pembuatan Paspor 1 hari selesai… langsung gue bilang horaay..(dalam hati)

Program baru,
DPRI (dewan perjalanan Republik Indonesia)

Program ini karena masih baru, dan merupakan sistem uji coba,saat ini baru tersedia di kantor imigrasi jakarta barat dan jakarta utara (kalau tidak salah). 
Jadi antrian perhari sangat dibatasi max 50 nomor antrian.lewat dari no tersebut tentu saja akan di tolak, dan disuruh datang kembali esok hari hiikss…

JADI PROSEDUR ONE DAY SERVICE INI, hanya berlaku, untuk perpanjangan paspor, paspor expired dan bukan untuk paspor baru ataupun hilang,

syarat2 pembuatan paspor
nah prosedur pembuatan paspor sehari ini :
1.     Membawa berkas-berkas dokumen,
·       Akte kelahiran
·       Ijazah terakhir
·       Kartu keluarga
·       Buku nikah (jika sudah)
·       KTP
·       Paspor lama (semua halaman)
Dan semua di foto copy, dengan kertas A4
2.     Antri di loket one day service
3.     Setelah di periksa dan di cek list kelengkapan dokumen baru akan di berikan map kuning dan disuruh ambil nomor antrian dengan system komputerisasi, tulis nama depan dan nama akhir
4.     Dapat nomor antrian, dan silahkan menunggu (kira-kira 1jam)
5.     Setelah di panggil, akan melakukan pembayaran di loket 20, biaya akan di sesuaikan dengan tarif normal pemerintah..horey.. perpanjangan passport expired gue hanya dikenakan biaya Rp 255.000 (wuiih hemat 1 juta jika menggunakan calo khan)
6.     Antri, untuk wawancara, di sini, akan di tanya2, keperluan ke mengurus paspor apa, pekerjaan apa?, lebih baik anda mengaku mempunyai pekerjaan daripada menuliskan jadi ibu rumah tangga or mahasiswa, karena akan sedikit butuh waktu saat di imigrasi Luar negeri (kebanyakan disangka TKW haha)
7.     Lanjut ke meja berikutnya, sidik jari, tanda tangan komputerisasi
8.     Foto untuk paspor
9.     Silahkan menunggu pengambilan passport jadi di loket bagian dalam.

Nah paling menyebalkan disini, semua pihak jika ditanyakan, apakah paspor bisa jadi hari ini apa tidak, mereka bilang TIDAK TAHU, kemungkinan bisa jadi jam 3 sore.

Tarif normal, tanpa jasa calo, murah meriah, untuk perpanjangan pasport Rp 255rb (48halaman)

Nah karena terlalu berharap banyak, agar paspor bisa jadi hari itu juga, (agar tidak bolak balik lagi ke imigrasi esok hari..), maka dari jam 12 siang (selesai foto, dan buru2 lunch disekitar sana, gue udah nongkrong tuh sama suami di bagian pengambilan paspor). 

Ada yang lucu di sini, semua kantor imigrasi (kayaknya semua imigrasi di daerah mana saja) pada jam istirahat kantor, mereka serentak keluar dan meninggalkan kantor (beda banget dengan perbankan, dimana jam istrirahatnya bergantian), lantas semua lampu di padamkan, dan ruangan cukup gelap (gue serasa sedang menonton biosokop hiikss..)
Nah nanti jika sudah selesai istrirahat, semua lampu kembali di nyalakan (aiih buat apa coba, penghematannya norak bangeet)

Teng-teng..jam 1, jam 2 sudah berputar. Menunggu lama, kok nama gue ga di panggil-panggil,
Malah mereka pihak imigrasi, (saking akrabnya) udah mulai memanggil calo-calo yang biasa nongkrong disana, menggunakan spekear. Aiih system apaan ini, calo terang2an disini, padahal di pas pintu masuk tertulis billboard, Jika anda membutuhkan sesuatu, silahkan hubungi kami, JANGAN MENGGUNAKAN JASA CALO..

Aiih..slogannya salah tuh, seharusnya “JIKA ANDA BUTUH PASPOR, HUBUNGI CALO TERDEKAT” haha..

mm..jam 3, jam 4 pun sudah mulai berlalu, gue yang sedari tadi sudah menunggu lama, mulai gelisah nih…dan para petugas pun, sudah mulai ilang satu2 meninggalkan ruangan mereka, bahkan orang2 yang mengurus paspor pun sudah mulai tidak ada, tinggalah gue beberapa orang yang sedang menunggu paspor, dan beberapa orang calo yang tampak sangat akrab dengan petugas sana..

jam 5 pun sudah mulai berputar, ada 3 orang bapak2 ikut menunggu dan berharap paspor jadi dalam 1 hari one day service sudah mulai harap2 cemas, kantor sudah mulai sepi, hanya tinggal Loket pengambilan passport saja yang buka, dan benar saja..tiba2 loket tadi terdapat tulisan BUKA, berubah menjadi TUTUP.. aduuh..apaa-apaan ini?? Apa mereka ga punya kemanusiaan?? Mereka apa ga punya hati?? Apa mereka tidak pernah merasakan yang namanya Menunggu??? Sudah dari jam 12 menunggu untuk pengambilan passport saja, tapi dengan sekejap mereka bilang TUTUP, dan malah mereka MARAH-MARAH, ketika di tanya. 
petugas tsb bilang “kalau bapak mau menunggu, silahkan tunggu, tapi bos saya sedang rapat, sebentar lagi kantor mau tutup, saya tidak bisa janji kalo paspor nya bisa jadi hari ini”, itulah program one day service itu saya belum setuju dan bla-bla bla…

hiiikss..kesal+kecewa banget, pasti bapak2  disana juga ikut merasakan perasaan yang sama dengan gue
padahal, pihak loket tersebut, Cuma nyari di dekat tumpukan untuk hari ini, tandatangan fotocopy+kasih surat pernyataan..dan selesai khan??
Ingat pak..sudah 12 jam saya di kantor imigrasi ini..dan KECEWA !
Memang birokrasi di Indonesia ini ribet, kalo ada yang lambat kenapa harus cepat hiikss.
 
Oya..5menit, setelah tutup tiba2 ada cewek cantik dan sexy lari-lari kecil ke loket pengambilan paspor, dia bilang dia baru check up dari dokter dan langsung buru-buru kesini,dan minta bantu ngemis2 agar bapak itu, mau nyariin paspor dia, dia juga bilang bahwa dia juga harus berangkat besok..DAMN tetap aja tidak berlaku bagi bapak tersebut..
Ternyata cewek cantik dan sexy pun tidak meluluhkan hati mereka disana..hiikkss..

Dengan letih, lelah dan lemas, efeknya tidak bisa tidur dimalam hari, hanya memikirkan belum dapat passport yang urgent.

Besok pagi, jam 9 kembali lagi ke kantor imigrasi, dengan menyerahkan nomor pembayaran, ke loket pengambilan passport, dan taraaaa belum 5 menit, belum duduk, nama gue sudah dipanggil oleh petugas.. Oh terima Kasih Ya Allah..
Harusnya kemaren begini donk paak. Letih gue kamren 12 jam benar-benar  terbayar hanya dalam 5 menit..


finaly jadi juga pasport, yang ga benar express banget

Memang birokrasi di Indonesia ini ribet, kalo ada yang lambat kenapa harus cepat hiikss
“Pointnya:- jangan pernah mengurus passport jika tergesa-gesa, dan dengan jalur one day, tidak perlu lagi repot-repot membayar calo yang super duper mahal, mana calo-calo sini pada belagu lagi ”

Alamat Kantor Imigrasi Jakarta Barat
  • Alamat : Jl. Pos Kota No. 4 Jakarta Barat, 
          (patokan, pas di belakang gedung tua Museum Batavia/ Museum Fatahillah) 
           Telepon : (021)6904795 / Fax. (021)6930544





No comments:

Post a Comment

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---