20 January 2013

Travelling di belitung--> H1..seru...!

weeell...
finaly, sampai juga gue di belitung ini...
dengan Kota yang sepertinya kecil
dengan Aiportnya kecil, (mengingatkan gue dulu, dengan Airpot di padang), dan di belitung ini aiport jauh lebih kecil,
Dan fasilitas Aiport di belitung masih menggunakan kipas angin, dan cukup Panas dan Sumpek...
Flight dari jakarta hanya bisa ditempuh dengan satu2 nya Pesawat Sky Air semacam Batavia Air ini...

Untunglah, sebelumnya sudah booking rental mobil, yang sudah mengunggu kita di depan pintu kedatangan...
mm..jarak dari aiport ke kotanya lumayan jauh...dan itupun, masih dikelilingi pohon-pohon, yang nyaris seperti Hutan, kendaraanpun cuma 1 dan 2 yang kelihatan disini.., kadang juga berpapasan dengan Truk-truk besar yang katanya membawa Timah...
jarak dari aiport ke kota belitung lumayan jauh sekitar 45menit..


mini AiportnyaBELITUNG


Datang di belitung ini, saat siang hari membuat perut lapar..
katanya, ada mie belitung yang terkenal itu...

    

Sang Sopir rentalpun, menawarkan kita makan di suatu tempat, dan disana katanya pedagangnya menjual mie belitung, mm..dalam hati, apanya sih yang spesial dari mie ini, tampilannya sama saja, kayak mie yang ada di warung-warung Tegal di Jakarta..rasanya sih cukup enak, sampai2 anak2 ketagihan nambah 2x..
selidik punya selidik.., katanya teman, kalo mie belitung itu, pake daun besar, dan pakai mie besar dan pakai kuah.. lah kok ini sepertinya ga pake kuah, kayak mie goreng biasa..
ooaalaah..ternyata ini driver sialan..nawarin mie dan tempat makanan sembarangan..hiiiksss...



abis makan..
sepanjang jalang belitung ini..masih ditemui pohon2 tinggi seperti berada di perkampungan dan sedikit hutan, dan banyak galian bekas timah kiri-kanan..
kita di hantarkan oleh guide+sopir ke klenteng kuno, konon katanya di sini, ada peramal yang ahli, bisa meramal nasib kita, cuman sayang karena belum terlalu ramai, maka tidak kelihatan ada 1 orang pun yang diramal.., bahkan mereka pun juga tidak berusaha menawarkan jasa ramalan untuk meramal kita yang mampir ke klenteng disana.




Lanjut kita di bawa ke pantai mandi borong belitung..
Pantainya sangaaaat bersih...airnya jernih dengan pasir putih yang bersih..
Wah..pantai Kuta Bali pun lewat cantiqnya dengan daerah ini, dan senangnya sangat sepi...
Jadi kita bebas deh..bermain di sini...
sebenarnya pengen lama-lama dan seharian berada di pantai ini..tapi takut tidak bisa menikmati daerah cantiq lainnya di belitung ini...



sebenarnya pengen lama-lama dan seharian berada di pantai ini


Habis itu kita lanjut ke tempat Andre Hirata, yang kebetulan baru saja 1minggu launching museum dan galeri tentang laskar pelangi..
Sayang waktu disana, kita tidak bertemu dengan Andrea Hirata, padahal katanya baru saja meresmikan museum itu.
disana juga menjual sedikit pilihan souvenir tentang laskar pelangi dan belitung, termasuk novel laskar pelangi beserta tanda tangan andre hirata 



Kata masyarkat dibelitung, andre Hirata ini lah yang sangat berjasa dalam mengangkat nama Bangka Belitung ini menjadi objek wisata, berkat novel dan filmnya, masyarakat menjadi tahu akan keindahan alam yang dimiliki Babel ini, dan otomatis sejak terangkat nya film itu, daerah babel ini mulai dikenal oleh masyarakat luas.
Kata sopir rental pun, seadanya Andrea Hirata di sini mencalonkan diri menjadi bupati belitung, pastilah akan dipilih dan menang.


Setelah berkunjung ke museum Andre Hirata, kita lanjut ke...1001 warung kopi..
benar saja ya..banyak pilihan warung kopi disini..masih terdapat warung kopi kayu ataupun semacam warung kopi sudah berbentuk ruko disini..
katanya warung kopi di belitung ini, cukup murmer..tapi kok mahal juga ya?? minum kopi ber-5, sekitar 65rb juga..lah dihitung berpa tuh 1kopinya..
Dan Rasanya Kopi di Belitung sini juga biasa-biasa aja ya..ga special2 bangedd..masih enakkan kopi2 starbuck banyak aneka pilihan dibandingkan sini...
minum kopi di warung 1001 warung kopi belitung ini, merupakan budaya dan kebiasaan masyarakat Belitung saja ya..buat tempat nongkrong2 maupun cerita-cerita disini..seperti budaya masyarakat pariaman sumbar sepertinya...
dan herannya, warung kopi yang kita hampiri..
tidak menjual aneka kue-kue basah ataupun snack lainnya ya,..wah sangat disayangkan sekali, tidak meng-opimalkan dagangannya...


1001 warung kopI BELITUNG

Jarak di sini belitung barat dan belitung tumur, cukup jauh yaa.
Untunglah kita mendapatkan rental ini, meskipun waktu yang mepet.
Dan jangan coba2 ke Belitung ini, tanpa menggunakan jasa rental, karena daerah ini masih sepi, bahkan tidak ada taxi ataupun angkot satu pun di negeri ini, apalagi ojek.. Rata2 masyarakat Belitung lebih senang mengendarai ah motor, termasuk anak SD pun juga sudah mahir mengendarai motor di sini..
Terus..lupakan lah cerita sepeda ontel di negri ini...


Tentu saja, objek wisata lainnya di belitung ini, SD muhammadiyah belitung, seperti yang ada di film laskar pelangi..
katanya SD muhammadiyah belitung ini hanyalah merupakan replika buat shooting film saja..
untu SD muhammadiyah belitung yang asli, jauh ditempat lainnya...
(mmm..1 hal yang membuat gue heran dari film laskar pelangi adalah, kenapa ya..di SD muhammadiyah belitung, itu cuma hanya ada 1 kelas saja sampai kelas 6?? katanya murid2nya pintar dan berprestasi?? masa ga ada kelas2 lainnya atau murid2 baru yang tertarik daftar disana?? ayak2 waek nih film...)



SD muhammadiyah belitung



SD muhammadiyah belitung
dan..tentunya kita mampir numpang lihat rumah bapak yusril mahendra di daerah belitung ini..
ooh baru tau ternyata bapak yusril mahendra orang belitung tooh hehhee..


rumahnya cukup besar dan tertata disini, dengan pagar yang cukup besar, walaupun tidak terlalu mencolok dibelitung ini, namun keliatan beda dengan lainnya diantara rumah disekita sini..

Kuliner malam di sini,
Cukup puas makan di warung Bang Pasha--> tentunya pemiliknya bukanlah Pasha ungu, karena lagu selama gw berada di warung ini, yang diputar selalu lagu Peterpan haha..
Makanan spesifik di warung Bang Pasha adalah bakso sapi, dengan tambah. Tetelan lemaknya yang bikin yummy..

Dan hari pertama dibelitung..berakhir di hotel balimas..
Yang cukup keren..sayang di sini, kolom renang masih dalam status renovasi..



Tentusaja..
setiap travelling, Hotel merupakan persinggahan terangkir saya..
karena kalo sudah langsung menuju hotel, tentu saja, sudah malas untuk keluar hotel lagi hehhe..
karena anak-anak lebih enjoy berada di hotel...


Dikirim dari iPad dewielulue

No comments:

Post a Comment

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---