21 January 2013

tips n trik jalan-jalan ke babel..(wajib baca, sebelum menyesal hehe)


Hal hal yang harus diperhatikan jika ingin ke bangka belitung...


1. Jika anda dari jakarta, ada baiknya menuju belitung terlebih dahulu..
Karena, harga tiket, biasanya lebih murah, dari pada anda membeli tujuan bangka.



2. Pastikan tujuan lokasi anda, jangan sampai bolak balik bangka belitung karena salah paham akan lokasi disini..karena jarak belitung ke bangka adalah 4jam perjalanan dengan kapal cepat (1x sehari). 


tips n trik jalan-jalan ke babel..(wajib baca, sebelum menyesal hehe)
 

3. Pastikan, anda telah membooking hotel terlebih dahulu, karena untuk daerah Belitung, hotel masih dalam hitungan jari, kecuali jika anda yakin, mempunyai referensi penginapan rumah warga.. Jangan sampai salah booking lokasi dan alamat hotel, belitung dan bangka jarak sangat jauh sekita 4jam.


4. Dan pastikan juga anda telah membooking rental mobil terlebih dahulu, karena di belitung ini. Dipastikan tidak ada angkutan kota/ angkutan umum lainnya, apalagi taxi, sementara untuk jarak tempuh cukup jauh anatar satu tempat ke tempat lainnya..(warga biasanya menggunakan kendaran bermotor milik pribadi, dan dipastikan tidak ada ojek juga disini hehe)


5. Lebih enak jika travelling di belitung, ramai2, bersama teman atau Pun family dan tentunya lebih seru,  karena kota belitung yang cukup sepi dan jika ramai2, biaya akses pulau,rental mobil dipastikan bisa lebih murah.


5. Jika ingin kebelitung, ada baiknya tidak saat musim hujan, karena daerah belitung, sangat sering terjadi petir secara sahut2an, dan akses menuju pulau menjadi tidak terlalu aman.


6.jika ingin menyebrang pulau, baiknya sharing dengan yang lain. Agar sewa kapal bisa lebih murah, dan tak perlu berlama-lama di satu pulau, karena di belitung sangat banyak pilihan pulaunya..namun pulau favorite adalah pulau lengkuas..



7. Jangan lupa membawa perlengkapan renang ya.. Seperti kacamata renang,dan terutama sunblock, handuk dll, untuk baju renang, karena pantai masih sepi dan tidak seperti suasana di Bali, cukuplah berenang dengan baju biasa..hehe


8. Dan jika ingin kepulau, pastikan anda membawa perlengkapan yang lengkap..karena disini, pulau masih sepi,masih sedikit pedagang yang Ada disini.
Dan jangan lupa membawa bekal makan siang..


9. Tentunya..jangan lupa membawa kamera dan handpone..untuk mengabadikan dan meng-update lokasi terkini anda..hahhaa..(untuk kawasan belitung, disediakan paket tour fotografi bagi anda pecinta seni fotografi loh)


10. Jika ingin lanjut menuju bangka, pastikan 1hari sebelumnya anda telah membooking tiket, bisa dengan pesawat kecil, ataupun dengan kapal cepat
Hanya tersedia 1x dalam sehari, dengan biaya executive sekitar Rp270rb/orang.

11. Jika dari Bangka menuju jakarta, terdapat pilihan pesawat lainya, tidak hanya sky air, seperti layaknya dibelitung, bahkan tersedia, penerbangwn ke batam dan jakarta, dan banyak pilihan jam penerbangan lainnya.

12. Jika di hitung dengan penawaran paket pilihan tour dengan jasa tour, tentunya jauh lebih murah meng-gunakannya tanpa tour (selama masih punya waktu untuk hunting sendiri rental,hotel dan paket tour sendiri)


Tujuan daerah wisata belitung:
1. Dwi kwan im Klenteng
2. Mandi burung
4. Museum andre hirata gantong

5. Replika SD muhammadiah belitong gantong
6. 1001 warung kopi Manggar
7. Museum timah
8. Pantai shooting laskar pelangi

Referensi makanan di belitung:
1. Warung bang pasha., tersedia seafood dsn bakso sapi..mak nyoss
2. Mie belitong-->katanya sih, makanan wajib kalo kesini..meskipun pelayanannya masih katro, tradisional.

Hotel dibelitung;
1. Bahamas
2. Grand pelangi
3. Pilihan lainnya di agoda.com atau rajakmar

Rental mobil bangka belitung:

Pelita rental mobil (rental ini centralnya di medan, dam merupakan link dari berbagai kota), sedikit mahal namun bisa dihandalkan

0857 3287 2222
0812 657 2222

Tujuan daerah wisata bangka:
--> 1.Pantai Pasir Padi untuk menikmati santap siang di restaurant sea food pinggir pantai. 
2.Pusat Pemerintahan Babel, 
3. Museum Timah
4. Kerajinan Pewter. 
5. Bumi Sepintu Sedulang, melewati Jembatan Baturusa,
6.Klenteng China Kuno, 
7.Regency Complex Sungailiat  
8
--> Belinyu sebuah kota multi etnis dan history, 
9.Tour kita akan membawa kita ke Kampung Gedong (Perkampungan etnis Tionghoa yang mayoritasnya kurang fasih berbahasa Indonesia dan mata pencahariannya sebagai pembuat kerupuk)  

jika ada tour or guide yang menawarnakan no.8 dan 9 sebaiknya jangan mau ya...
karena saya mengalami kisah seram disini hihi..baca ceritanya   

ok enjoy for the trip... 

1 comment:

  1. Ass.. Untung baca tips ini sebelum ke belitung, terima kasih ya, salam kenal

    ReplyDelete

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---