01 September 2012

Brum bruuum...dari surabaya kita OTW ke bromo..

Brum bruuum...dari surabaya kita otw ke bromo..
Bismillah...

Petunjuk Arah dari Surabaya Ke Bromo

Yang katanya sih jalan bromo cukup berliku2 dan mirip jalan kelok 44 seperti yang ada di manijau sumatera barat

Perjalanan yang berliku2 menuju Bromo

Sempat ketiduran perjalanan menuju bromo..
Bangun2 udah sampai mesjid untuk shalat ashar..
Sempat mengabadikan mesjid ini, identik dengan warna hijau..
Dan cukup bersih, namun bagian halaman, masih tanpa keramik, masih menggunakan tanah
Cuma sayang mesjid ini tampaknya tidak ada namanya, mungkin karena baru atau memang disengaja..
 
mesjid untuk shalat ashar..sebelum kawasan Bromo (daerah Sukapura)


Dari mesjid sana, perjalanan cukup panjang, sebelum menuju puncak, sudah cukup gelap dan sudah maghrib,

Langit bagus banget ya saat itu..


Kita berhenti lagi di balai desa untuk shalat maghrib..
Mmm udara disini, sudah mulai dingin dan menusuk badan..
Kita mulai deh mengeluarkan jacket2 yang ada di koper..
Sambil foto2 di depan kijang dengan kostum jacket kita..hahah kereen2 juga...

Peralatan siap tempur ke Bromo..


Dari balai desa, masih ada beberapa kilo menuju hotel cemara indah yang sudah kita booking via agoda.com




Di atas sana, sebelum ketemu hotel cemara indah, kita di cegat lagi oleh beberapa warga sana, menanyakan dan menawarkan, apakah sudah booking hotel/kamar, ataupun sewa jeep..
Dan kebetulan waktu sebelum di balai desa, jeep yang bakal kita sewa, macam2 ulahnya..bilang jeepnya habis dan bilang minta di transfer dulu di atm, padahal fisik orangnya ga jelas dimana..waah gimana nih?...

Waah untunglah ternyata disini, masih banyak yang nawarin jeep dan hotel, jadi kayaknya kalo ke bromo, ga perlu cemas2 banget ya, ga dapat hotel dan jeep, banyak pilihan kok, yaa asal rela aja, jika kalo dapat hotel ya seadanya aja, termasuk nginap dirumah warga..

Om rubi dan bunda amer yang nego soal harga dan tempat, karena mereka sebelumnya sudah pernah dan sudah tahu tentang bromo ini...

Well..well..disaat peak seasson ini, kalo liburan memang harus menyiapkan dana ekstra ya..dimana harga2 sangat jauh melambung tinggi..

Harga sewa jeep di tawarin Rp 650 Rb untuk 4 lokasi di bromo (penanjakan1, kawah bromo, bukit teletubbis, dan pasir brbisik),
Jika nyewa jeep hanya 2 lokasi saja sekitar Rp 325rb..
Yaa...kita prinsipnya cuma sekali2 kesini, dan tahun2 besok ga bakal kesini lagi, yaa daripada tanggung.. Sekalian aja, kunjungi semuanya..
Akhirnya nawar2 dapat juga Rp 600rb untuk 4 tempat..


harga Sewa jeep ini, naik 3x lipat waktu Peak Seasson



Padahal seh, katanya untuk harga normal, pada saat low seasson ini, sewa jeep ke bromo ini hanya sekitar Rp 150rb-an...

Setelah deal, harga sewa jeep,
Kita diantarkan oleh calo jeep ke hotel tempat kita menginap..
Ternyata hotel kita berada di puncak bromo, paling tinggi..
Ini artinya, hotel ini paling tinggi, dan besok pagi berangkat ke bromo, mungkin ga harus terlalu pagi ya..bisa sekitar jam 3.30 atau sekitar jam 4 kurang...


Tetap narziz di depan Hotel Cemara Indah Bromo-Cemara lawang


Wuuuiih bermalam di hotel cemara indah ini,
Ternyata sangat dingin lantainya yang tidak menggunakan karpet, langsung dengan keramik, sangat dingin ketika di injak, serasa menginjak batu es..
Untunglah kita bawa sendal hotel sahid surabaya hahhaa...

Ketika untuk makan malam pun, kita sudah mulai nih,
Menggunakan jaket biasa, dengan perlengkapan anak gunung
Paksi topi, syal, sarung tangan..

Warung sekitar Cemara Indah Bromo


Dan 2 jempol untuk anak super gue..
Mereka malah merasa kepanasan di gunung yang super dingin ini...

2 anak superku, menggunakan Jaket biasa, bahkan 1 nya tanpa Jacket


Untuk tidur dimalam hari nya, mulai deh menggunakan kaos kaki, dan masker..
Dinginnya bo...ga kuku..Suhu mungkin sekitar 15-17 Derjat ya..
Untuk persiapan besok, anak2 udah dipasanin baju untuk harinya, biar besok paginya, meskipun mereka dalam keadaan ngantuk, tinggal siap gendong ke jeep..

Dan benar aja..
Jam 3, sopir jeep udah ketok pintu kamar kita, bangunin kita..
(weeh..hebat nih sopir, pada ga tidur apa ya?)
Kita siap2 2 keluarga..beres2..
Jam 3.45 sudah siap2 di jeep..
Siap dengan kostum anak gunungnya, jaket 2 sampai 3 lapis, plus maasker, sarung tanggan, kaos kaki dan sepatu kets


Penampilan jadi Keren juga ya, jika pake jaket 3 lapis ini..

Dan ternyata kesibukan bromo ini sudah cukup padat dan ramai..
Banyak pedangang yang masih berdagang dan mencoba menawarkan dagangan mereka..meskipun saat itu jam 3 pagi..
Bahkan anak2 kecilpun usia 10 tahun sudah ikutan berjualan disaat pagi hari
Termasuk ada pihak hotel yang menawarkan penyewaan jacket
Harga sewa jacket Rp 25rb

Jangan2 waktu tidur penduduk di bromo itu kebalik ya..
Siang buat tidur, kalo malam kerja.?
Berjuang hidup, di waktu dini hari dan dinginnya hari

kita siap berangkat di dalam Jeep, Semua orang berbondong2 dengan satu tujuan, semua full jeep..
Dan ada beberapa kendaraan pribadi dan motor yang mencoba menuju sana.
sampai mengalami kemacetan sekitar 500m, menuju tiket Pintu Masuk
Ternyata masuk bromo, masih dikenakan charge HTM masuk bromo Rp 7.500/ orang, dan untuk mobil free..
di pintu masuk tiket, sudah ada larangan mobil pribadi dilarang masuk (tapi kenapa ya pada kenyataannya, masih banyak ditemui mobil pribadi bahkan motor kesana??)

berada dalam Jeep,sekitar jam 3 dini hari

Jarak tempuh dari hotel cemara indah bromo, menuju puncak penjakan bromo untuk melihat sunshine sekitar 1 jam..

Dan benar saja...
Untuk meng-akses jalan menuju puncak bromo ini, kendaraan satu2 nya yang terbaik adalah dengan menggunakan jasa rental JEEP..
Medan yang ditempuh benar2 curam dan sedikit terjal..
Untunglah..saat itu keadaan benar2 gelap dan kelam,
Sehingga batu2 karang dan jalanan yang seram tsb, tidak terlalu jelas di depan mata hehehe, cuma percikan debu saja yang bertebangan..

kasihan Ponakkan ku zahra, ternyata dia Alergi dingin dan Sinus ya??
Jadi Sepanjang Perjalanan di Jeep (saat dini Hari), selalu ingus dan meleer..
mm harusnya bawa persiapan masker ektra, sapu tangan dan Tissue

Mm...disarankan seh, bagi yang ga berminat dengan pertualangan, dan takut jalan yang berliku sih, lebih baik tidak menuju bromo hehhe..
Apalagi, jika harus membawa bayi dan anak kecil yang rewel.. Aduuh mendingan jangan degh...

Untungnya seh anak gue..
Dzilly dan drarifa, mereka cukup tangguh dan ga rewel,
Sampai di jeep, mereka tidur lagi, dan dzillypun cukup enjoy dengan perjalanan ini.. Mereka benar2 bocah petualang..sudah teruji fisik dan mental nya
G tau nanti besarnya bagaimana hahaha...


Next story...
(kepanjangan kalo 1 halaman cerita serunya kalo ke bromo ini hahaha)

Perjuangan menuju kawah bromo--->m.a.n.t.a.b  



-->
-->
* baca deh cerita sebelumnya :

Setengah Hari di-->Monumen Kapal Selam surabayaa

Yuhuu-->finaly tahun ini Liburan ke Jawa Timur..

tips travelling with kids --> enjoy for holiday 
tips travelling--> Enjoy deh...






Sent from lulue iPad

2 comments:

  1. Tulisannya kereeen bangeett komplit dengan fotonya juga..

    thank u buat infonya ya

    ReplyDelete
  2. rekeasi yang menantang
    wisata bromo the adventure tour
    makasih infonya

    ReplyDelete

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---