23 August 2012

Rute Perjalanan SERU-> Jika ingin Ke Surabaya

Hari pertama di surabaya..

Karena datangnya cukup pagi, jadi surabaya belumlah terik2 bangeeet..

Rute pertama kita
Sesuai planning lansung menuju lumpur lapindo (Wisata bencana)
Usut punya usut ternyata mba amer, yang warga surabaya, sering melewati
Lapindo ini, tapi tidak pernah mengunjungi lokasi bencana ini waaaah, padahal udah 6 tahun loh mbak bencana lumpur ini..


lumpur lapindo, (Wisata bencana)


Sekarang lapindo ini, sudah di bikin bendungan yang sangat tinggi, dan tidak sejajar dengan jalan raya, bendungan lapindo ini, ternyata membawa manfaat, bisa digunakan untuk memajang spanduk2 idul fitri, baik perusahaan, maupun spanduk pilkada hahaa
Gunanya bendungan tinggi ini, biar lumpur tidak meluber lagi ke jalan raya, seperti tahun2 sebelumnya...


Salah satu manfaat bendungan lapindo, bisa digunakan untuk memajang spanduk2 idul fitri, baik perusahaan, maupun spanduk pilkada hahaa


Mmm.. Sampai di lapindo, karena masih teramat pagi untuk keliling, jadi pengunjungpun masih sepi, untuk masuk melihat lumpur lapindo ini, kita dikenakan tarif tidak resmi oleh warga sini (yang katanya rumahnya dulu ada disekitar lapindo ini), tarif yang dikenakan pun 40rb untuk 3dewasa, dan 3 anak2..), dan jalan untuk menuju ke kawasan lumpur, kita harus menaiki tangga darurat,(lebih parah dari bagunan rumah tua) yang di bikin dengan bahan kayu seadanya, dan tidak beraturan, takut juga, kalo2 tiba2 amblas dan jebol atau kayu ini patah..



Tangga menuju ke Lumpur lapindo- Sayang Banget, ambil foto bagian tangga yang rada bagusan xixixixi



Belum lagi sampai di atas, kawasan lumpur lapindo, orang2 sana sedikit membujuk dan memaksa untuk membeli DVD lapindo mereka, 1DVD di jual 50rb, wuuuih..kasihan sih kasihan..tapi jangan matok harga se-enaknya dooonk..woong di tv aja film2 lapindo itu sering kok diputar, jadi bukan suatu yang unik lagi, dan tidak punya nilai jual yang tinggi kok..jadi matok harga jangan se-enaknya..ga bakal bikin orang balik lagi ke wisata bencana ini...dan DVD ini pun pake bersambung 3 episode waaah..DVD sebegitu panjang isinya apaan yak?



Bapak ini, sedikit membujuk dan memaksa untuk membeli DVD lapindo mereka, 1DVD di jual 50rb,wehh weehh


Untunglah camera DSLR gue lagi bersahabat dengan cuaca dan keadaan..
Dan ahasil foto2 nya pun bagus2 banget...
Ada acara foto2 keluarga, merenung, mapun foro prewedding hahaha...
Suka banget deh sama foto2 di lapindo ini..
Sebenarnya lokasi ini, bisa juga dijadikan tempat prewedding di surabaya nih.... Hiiihihihi...


Curi2 moment, disaat anak2 pada lengah hahaha


Sebenarnya lokasi ini, bisa juga dijadikan tempat prewedding di surabaya nih.... Hiiihihihi...


Lumpur lapindo ini, dari tampak depannya seperti tanah pecah2 yang kering tidak pernah disiram oleh pemiliknya..
Tapi jangan coba2 menginjak permukaan tanah ini deh..
Karena tanah ini ternyata masih lunak..
Dan jika kita ijak bisa amblas..dan bisa2 kita bakal terpelosok deh..(yaaa namanya juga lumpur yaa., dan bukan tanah..)


Sendal yang ikutan merana, gara2 injak Lumpur lapindo hiikkss,,



Dan lumpur lapindo ini benar2 luas ya..
Sejauh mata memandang..penuh dengan hamparan lumpur..dan ditengahnya pun masih ada asap yang mengempul, katanya, lumpurnya masih aktif dan sewaktu2 masih bisa meluber wuuiihn seraaam...
Mmm..kalo sebelumnya di sekitar lapindo ini adalah perumahan warga..
Wah benar2 teramat kasihan ya nasib warga2 sini, yang katanya masih tinggal di daerah2 penampungan, dan masih menunggu pelunasan dari Rizal bakrie.. Kasihan ooh kasihaan..



Lumpur ini, sejauh mata memandang..
 
Efeknya, daerah2 sekita lapindo, yang belum terkena lumpur, ikutan menjadi daerah mati, termasuk di bagian seberangnya..
Dijual murahpun tetap tidak ada yang mau beli yaa..


Trus makan bakso yang terkenal disurabaya..Nama Baksonya : BAKSO SOLO RINDU ALAM
berada di sekitar di jalan Majapahit Surabaya
Pas datang, bakso ini baru buka, dan orang yang datangpun sudah ramai dan ngantri..
Disini terkenal bakso telur puyuh..





Kata orang2 seh enak.., cuma bagi gue biasa2 aja, ga lebih enak dari bakso2 dekat rumah gue hahaha (maklumlah gue bukan pecinta bakso sejati)




Meskipun dalam keadaan sedikit kenyang..
Trus lanjut kita di ajak makan eskrim ZANGRANDI..(kebetulan jalannya searah dari Bakso Solo Telur Puyuh tadi )..


Mejeng dulu, di depan Brand Zangrandi

Dengan berbagai pilihan menu yang ada..
Es krim ini, banyak yang pilihannya tidak ada/ tidak tersedia..hiiiksss..gimana ceh..jadi ribet deh milih2 lagi, balik2 menu lagi..

Es krim disini..unik2 ya..
Ada es krim cone, es krim sate, es krim banana split, dll..
Yang jelas rasa eskrim ini unik, lain dari yang lain, eskrim ini bikinan rumah, jadi tidak tersedia di tempat lain, dan eskrim Zangrandi ini juga lembut, dan lumer di Mulut..

konon katanya es krim ini sudah ada jaman belanda, dan didukung dengan suasana yang tempo dulu, kursi2 rotan dan bangunan2 lama, meskipun berada di pusat kota..


suasana tempo dulu, kursi2 rotan dan bangunan2 lama, meskipun berada di pusat kota.. 

Mmm.. Bagi gue eskrim ini, biasa aja.. Tidak bikin rindu akan balik nyobain lagi haha... Walls n magnum mungkin lebih menggoda yaa...?


Salah satu menu Eskrim yang unik di Zangrandi Surabaya


Siangnya shalat dzuhur, kita menuju mesjid chengho..
Mesjid ini, unik, katanya mesjid ini didirikan oleh mualaf chiness.
Mesjid ini sangat unik, di hiasi dengan warna merah khas klenteng,
Dan interiornya cukup unik dibandingkan dengan mesjid2 lainnya...


Peresmian Mesjid chenghoo Surabaya



Bergaya di depan Ornamen Chenghoo Mosque



Terdapat kolam dengan hiasan perahu dan ada gambar tokohnya..sayang sekali tidak ada penjelasan dari ornamen tersebut..



Mesjid ini terdapat toko souvenir, menjual peci khas mesjid chengo dengan peci berwarna merah (peci ini dipasaran/ tidak ada ditempat lain), sayang sekali stock peci ini, hanya tersedia ukuran yang kecil, tidak tersedia ukuran yang dewasa, jai ga jadi beli deh...pasahal juga pengen beli oleh2. Harga peci di mesjid chengho ini cukup mahal Rp 65rb/pcs nya...



menjual peci khas mesjid chengo dengan peci berwarna merah



Mesjid chengho disurabaya ini, tidak trlalu besar, namun cukup ramai ya dikunjuni, mungkin banyak pengunjung yang ingin merasakan shalat di tempat ini. Sayang sekali bagian luar mesjid sedang ada tambahan tenda (munkin sisa shalat idul fitri), sehingga tampak luar mesjid ini, sedikit tertutupi, dan tidak puas untuk memandangnya..


Narsiz bin Exist di Mesjid Chengho..xixiixi



Lanjut kita ke Tugu Pahlawan Surabaya..
Monumenini terletak di Jalan Pahlawan Surabaya
Waah disini seru deh..sedikit santai..karena perut sudah kenyang..
ditambah lagi pengunjung yang Sepi..
jadi kita bisa foto2 dengan gaya2 narsis..



Merdeka atoe Matie..!!!


Loncat2an,


Loncatan Kemardekaan !

foto2, Lari2, upacara bendera segala,


Ssssttt.. Paskibra lagi latihan...


 sampe dengan gaya inem, pake aksi lap mobil segala hahaha..emang dasar bakat inem...

 
bakat inem.-bantuin Lap Mobil Bung Tomo, malah di marahin sama petugas hiihihi...

Belum lagi acara foto2 prewedding haha



Prewedding lewat deh dengan gaya ini..


Aksi Prewedding

dan foto pake nangis, karena jatoh lari2 di rumput hahaha...


Korban Kalah perang..hahahha


Seru juga di monument or Tugu Pahlawan Surabaya ini..
Dengan tempat yang seluas ini, bagus banget nih, dijadikan acara resepsi pernikahan, cuma sayang disini khusus untuk acara ke negaraaan,
Dan masuk ke monument ini pun free..tanpa dikenakan biaya..
Enak banget deh..hidup dikota ini..minus biaya..

 
Dari sana lanjut ke house of sampoerna.
Merupakan monument yang dibagun untuk memperlihatkan sejarah berdirinya rokok sampoerna..


sejarah berdirinya rokok sampoerna..







Disini sebenarnya ada bus yang bisa membawa kita keliling kota bersejarah di surabaya..namun sayang sekali karena peak seasson, maka bus ini pun penuh tidak bisa kita naiki..katanya si, kalo ini naik bus ini harus boking 2 hari sebelumnya..maklumlah armadanya tidak terlalu banyak..



Akhirnya kita cuma bisa masuk ke bagian museum sampoernanya saja...
Pintu masuknya terpajang, wajah marlin marooe..dan carlie caplin (entahapa alasan kenapa tokoh ini ditampilkan), pegawai sampoerna ini banyak, namun tidak ada guide untuk menjelaskan bagian2 dari gambar2 yang ada (sayang sekali yaaa...).



Pintu masuknya terpajang, wajah marlin marooe..dan carlie caplin (entahapa alasan kenapa tokoh ini ditampilkan)


Di pintu masuk House of Sampoerna ini ada penjaga tiket..di pikir masuk sini bayar, namun ternyata GRATIS..wooalah, buat apatoh penjaga karcisnya?, (dengan surabaya haha), hanya menambah gaji untuk karyawan saja (bagiku haha), 


Begitu buka pintu museum ini, sangat ketetara ya, dengan bau cengkeh yang menyengat..aroma cukup enak dan ga bikin neg..disekitar pintu masuk terdapat 4karung cengkeh mentah yang belum di olah..(inilah sumber wangian alami dari gedung sampoerna house ini),
Di gedung ini, penuh dengan sejarah2 sampoerna ya.. Dari foto2 tokoh pendirinya, sejarahnya, dan kegiatan2 sosial dan sponsornya..


sejarah berdirinya rokok sampoerna..
Anak2.. Paling seneng banget bermain di warung rokok disini, apalai dzi..
Seolah2 dia adalah penjual dan pembelinya, sampai2 ga mau pulang gara2 warung ini hahaha...


Betah banget jagain warung ya mbak??? xixiix

Sampoerna house ini terdiri dari 2 lantai..
Jika lantai pertama, bercerita tentang sejarah2 sampoerna, dan kita bebas foto2 dokumen,


Properti House of sampoerna

Namun sayang di lantai 2, kita tidak bisa berfoto2 ria, karena di lantai atas adalah store of sampoerna..tempat menjual pernah pernik sampoerna..ada baju kaos, gantungan kunci, dan miniatur sepeda2 dan becak2.. Pengen bela beli sih sebenarnya..namun sayang produk yang ditawarkan tidak unik2 banget, selain produk baju yang ada tulisan sampoernanya..
Selebih itu mah..produknya biasa, bisa didapat ditoko2 luar.

Habis itu kila lanjut makaaan (lageee...),
Kita keliling2 lanjut ke tempat..
Mmm.. Resto ini menunya lumayan unik yaa.. 


Resto Favorit-ku di Surabaya


Alamat Resto Ayam Tulang Lunak Malioboro


Ayam Mercon Malioboro -Mantabb..



Ikan ini Unik banget di bungkus kayak sarang


Ada ikan yang dibalut dengan sarang (ga ada nih di jakarta) dan ayamnya merconnya yang enak banget...
Belum lagi, resto ini juga buka disaat lebaran...

Mmm..anakku ifa, kayaknya kecapean banget..
Dari sampoerna house sampai kelar makan dan lanjut ke jembatan soeramadu pun dia tidak bangun2 kasiiihaaan dirimu nak.. Tapi gpp ya buat charge energi..



Bayiku kecapek-an kasihaaan

Abis makan kita lanjut ke jembatan suramadu..
Untuk masuk jembatan ini. Kendaraan roda 4/mobil, dikenakan biaya 30rb/sekali masuk..mmm cukup mahal juga yaa..


Kendaraan roda 4/mobil, dikenakan biaya 30rb/sekali masuk




Sunset di Jembatan suramadu..



Angin dijembatan ini sangat kencang, apalagi kita datang disore hari..
Angin lautnya sangat terasa...


Konon katanya Berkat Jembatan Suramadu ini, menghidupi perekonomian madura


Di jembatan ini, cukup tertib ya.. Jalur Pengendara mobil dan motor dipisah..
Sehingga, tidak akan mengganggu dan simpang siur..(seandainya di jakarta juga ada jalan tol untuk sepeda motor hehehe),
Sebenarnya di jembatan suramadu ini, kendaraan apa saja tidak boleh berhenti, namun bukan orang Indonesia namanya kalo ga tertib..hahaha..
Meskipun ada patroli, kita sukanya curi2 ambil2 gambar/foto dikawasan ini..
Termasuk ambil foto ketika berangkat ataupun balik ke arah suramadu.



Dimanapun Narsiz bin Exist..


Dan om bi pun, yang gaya foto semula hanya biasa2 aja, berdiri tegak kayak patun, sekarang ikut2an bergaya narsis seperti gua..hahaha gini nih..kalo efek dekat2 dengan juara kontes foto hahaa..



ketularan bergaya narsis

Setelah melewati foto2 narsis suramadu..
Trus setelah pintu keluar tol, ketemu deh toko2 pedagang..
Disini kita sudah memasuki kawasan madura...




Toko2 pedagang menjual pernak pernik madura



Toko2 sini, tampaknya toko2 ilegal ya.. Maksudnya toko2 tidak resmi dari pemerintah, karena dari bangunan tokonya bangunan kayu, dan berdiri diatas got..



pernak pernik madura

Di toko2 ini, menjual pernak pernik khas madura, jual kuda lumping, topi, baju khas madura..garis2 merah dan putih stelan ada gambarnya, dijual sekitar 20-25rb/pcs nya, dan baju dewasa merah putih (kaos saja, tanpa ada sablon) juga dijual sekitar dengan harga yang sama.

Namun sayang sekali, baju khas madura blazer hitam+celana hitam, dijual dengan harga yang cukup mahal, baju madura dijual Rp 80rb untuk anak2 dan Rp 125rb untuk dewasa..
Mmm.. Padahal pengen banget beli tuh buat properti foto hhehehe..


Bergaya dengan pernak pernik madura

Dari toko madura sana..kita lanjut jalan2 keliling kota madura, sampai ke bandaran..(wah ternyata setelah 3 hari kita berkunjung, ternyata ada kerusuhan massa perang suku-agaman disana.., alhamdulillah Allah masih melindungi kita yaa..)



Mesjid yang cukup Indah dengan menara yang tinggi


Di madura ini, ketara sekali ya masyarakatnya (terutama kaum laki2), menggunakan sarung kemana2..
Tidak hanya kemesjid mereka menggunakan sarung, bahkan ketika naik becakpun mereka menggunakansarung...


Warga maruda cukup hebat san solid yaa..bisa mempertahankan Budaya ciri khas mereka..

Dan pihak perempuannya menggunakan daster kemana2..termasuk jika jalan2 sampai ke tanah abangpun mereka tetap menggunakan sarung dan daster ini.. Sangat ketara sekali ya penampilan mereka..
Padahal kalo dipikir2, di madura, bukanlah penghasill/tidak mempunyai pabrik sarung/pabrik batik disini...
Warga maruda cukup hebat san solid yaa..bisa mempertahankan Budaya ciri khas mereka..
Dengan temperamental yang terkenal galak..
Untunglah gue ga kena bacok disini, ketika mengambil foto2 mereka di jalan hahaha..serasa paparazzi..

Setelah shalat di mesjid daerah madura..
Kita balik menuju surabaya..
Jembatan suramadu ini, di malam hari, lampunya mulai nyala..
Cukup bagus seh..meskipun belum maksimal..
Kata mbak amer..sebelumnya lampu di jembatan ini bagus banget..


So colorfull, malam hari di Jembatan suramadu

Tiang2 semuanya nyala..dan colorfull..
Namun ketika gue datang lampunya tidak nyala semua..apakah lagi penghematan, atau memang dikurangi ya?
Yaa sudahlah, yang penting tetap narsiz dan exist,
Sayang banget semua kamera, lowbatt..cuma dapat beberapa foto saja..

Semua wajah mulai tampak kelelahan..
Lanjut deh ke hotel..
Kita check in di hotel sahid jam 8 malam...

*Rute Perjalanan SERU--> Rutenya memang Bukan Mall ke mall ya..
(kalo mall, yang paling lengkap adalah Jakarta)

Next story 
Sahid hotel surabaya..


Sent from lulue iPad

No comments:

Post a Comment

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---