18 July 2012

Bagaimana cara menang di LOMBA FOTO ??

Sekedar share, TIPS agar menang di LOMBA FOTO berbagai Event Organizer (EO)
sedang malas mikir dan nulis kata-kata
(kopas untuk sementara)
sumber: fb group terbaru 


Sisi Universal:
  1. Kesesuaian foto akan tema. Misalnya: tema foto TAWA CERIA, berikanlah foto peserta yang sedang tertawa terbahak-bahak, bukan foto yang sedang tersenyum atau cemberut.
  2. Mematuhi peraturan foto yang ditentukan, misalnya:
    1. Dalam 1 foto harus 1 orang peserta, maka tidak diperbolehkan ada pose lainnya didalam foto tersebut walaupun merupakan karya edit dari fotografer studio
    2. Bila di haruskan dalam 1 foto harus ada 1 orang peserta, maka jangan ada anggota tubuh orangtua/siapapun yang menggendong peserta. Bila peserta belum bisa duduk tempatkanlah ia diposisi yang nyaman dan baik.
  3. Pintar memiliah foto terbaik. Dari ratusan file foto, tajamkanlah insting anda dalam memilih foto terbaik sesuai tema. Bila perlu sebagai pembanding, lihat kembali  karakter pemenang penilaian juri pada lomba sebelumnya.
  4. Peserta merasa nyaman saat difoto, terlihat dari bahasa tubuh yang luwes dari ujung jari kaki sampai ujung kepala.
  5. Gaya yang sopan, dan enak dipandang
  6. Gaya yang ekspresif, dan energic
  7. Eye contact: kontak mata yang “berbicara” pada kamera. Kontak mata yang baik tidak selalu menatap kamera, namun diiringi bahasa tubuh yang mendukungnya menjadikan foto tersebut menjadi berkualitas.
Kualitas foto
  1. Background foto: usahakan si peserta berada dalam kondisi latar belakang foto yang rapih, bersih, dan sedap dipandang mata.
  2. Blocking kamera: jangan membelakangi kamera, terutama wajah. Bila style foto menghadap kesamping, usahakanlah 100% wajah terlihat dengan jelas.
  3. Lighting kamera/sisi pencahayaan: jangan melawan arah matahari yang dapat menyebabkan foto menjadi backlight, sehingga foto menjadi gelap dan hitam. Atau sebaliknya, lighting/blitz kamera di setting terlalu terang, sehingga foto menjadi pucat, atau menguning.
  4. Bagian tubuh peserta pada foto tidak terpotong, terkecuali memang style foto close up.
  5. Kualitas foto yang baik, tidak scretch/rusak, bias/kabur
  6. Jika memang style foto di pinggir layar, usahakan memang sisi yang diperluas memang sisi yang indah. Tapi bila tidak, tampakkanlah posisi peserta berada ditengah layar foto.
Kegunaan kuantitas foto
  1. Berikan beberapa alternatif foto, maka juri akan mengambil 1 foto yang terbaik menurut kacamata juri.
  2. Adanya beberapa alternatif foto memudahkan juri dalam melihat talenta peserta yang sesungguhnya
Namun sesungguhnya kemenangan tidak tergantung dari kuantitas foto yang diberikan, namun kualitas yang ada.
Dan jangan lupa, Juri selalu menetapkan standart penilaian dengan membandingkan 1 foto dengan peserta lainnya. Foto dengan penilaian tertinggi itulah yang terbaik dan memenangkan kompetisi.

saran saya: 
kalau saya sih, Seringnya foto anak sendiri, (tidak foto distudio), selain mahal dan lama, anak-anak suka ga betah dan ilang mood kalau terlalu lama di studio foto, jadi kesannya senyumnya nanti terpaksa..(syukur-syukur kalau punya kamera DSLR, hasilnya akan tampak beda dengan kamera pocket ataupun hp)
-kalau bisa, ajak anak-anak bermain disuatu tempat/arena permainan dan jepret,
-lebih bagus lagi kalau lokasi foto outdoor, selain pemandangannya bagus, menambah nilai penjurian, cahaya foto juga makin bagus..
-makin PD dan puas jika ternyata hasil jepretan menang di berbagai LOMBA..

Selamat berlomba yaa..

2 comments:

  1. Wah,Bagus sekali blognya dan banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Terimakasih Bu Dewi. Jazakillah. Saya boleh bertanya?

    ReplyDelete
  2. Pinky Yustiar--> senang jika bermanfaat. btw mau bertanya apa tuh?? :)

    ReplyDelete

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---