07 November 2011

Suasana Pemotongan Hewan Qurban


Tahun ini, gw sama suami kompakkan qurban dirumah mertua.
Karena, tahun ini,kalo qurban sama pak rt, dekat rumah, kok malah cuma gw doang ya? repot banget, kudu sediain kambing, tukang potong n alat2 lainnya.
Belum nanti, kambingnya cuma 1 tapi, nanti yg mau ngantri daging banyak banget, daripada nanti pada masalah.




Suasana Pemotongan Hewan Qurban 2011

Ya sudahlah gw ma suami, mendingan qurban dimesjid dekat mertua aja.
1 ekor kambing suami,1 ekor kambing gw,


Pulang dari shalat ied, kita ngitar dulu ke mesjid istiqlal, rencananya seh mau lihat sapinya pak sby yang super gede, 1.2ton, dengar2 harganya 50jt wwwooww hebat ya pak sby.
Tapi sayangnya, pas lagi di jalan,kita sudah berpapasan dengan rombongan pak presiden, yaa itu artinya sapinya pasti sudah dipotong..




kawasan mesjid istiqlal, selesah shalat Idul Adha 2011

 

Dan tepat di kawasan mesjid istiqlal pun cukup rame, sedikit macet, kita yg rencananya mau masuk liat potong qurban, mending ga jadi deh,..
Di kawasan istiqlalpun, banyak dikawal oleh pasukan polisi dan tentara, mungkin ada 10mobil polisi yang berjejer. Untuk keamanaan.
Dikarenakan di mesjid istiqlal ini, presiden RI dan para mentri shalat ied disini. Dan juga
Karena lebaran idul adha 2011 ini, hari minggu bersamaan dengan sembahyangnya umat kristiani, yg berada di gereja katedral pasar baru, bersebrangan dengan mesjid istiqlal..




Untung si uni berani, malah sambil plototin beberapa ekor kambing yang sedang disemblih,

Batal lihat qurban di istiqlal, langsung lanjut ke rumah mertua aja deh,
Disana rupanya kambing gw sama suami sudah nunggu..
Kambing gw dapat no 28 dan 29..
Dan woow...ternyata qurban di mesjid ciputat ini, ada 90 kambing, dan 11 sapi...alhamdulillah, hebaat banget yaaa...subhanallah
Mudah2an semua mustahik dapat banyak yang kebagian daging didaerah ini.amiin




Baru tau, tinja sapi juga hampir 1/2nya sapi...hiiikss, perjuangan tukang potong


Untuk harga 1 ekor kambing pada tahun ini, berat 20kg Rp 1.250.000, karena tukang kambingnya kenal dengan panitianya maka, kambing ini boleh ditawar jadi 1juta sajah. Dan harga 1 ekor sapi, Rp 8~9juta, boleh digabung sampai 7 orang..

Dzi n dedek, awalnya ngebet banget mau liat kambing dan sapi.. Dedek yang mula2 lihat agak takut,terpaksa deh agak jauh2 dari kambing. Untung si uni berani, malah sambil plototin beberapa ekor kambing yang sedang disemblih,



suasana pemotongan daging Qurban oleh panitia


Beberapa Kambing dan Sapi, hampir selesai di Potong.., "ayah ketemu teman2 disini"

panitia yang ingin motong sapi, tiba2 saja ada sapi yang ngamuk.sapinya lari mau nyeruduk, sapinya nyaris juga nyeruduk ke arah gw dan dzi. Waah dzi mukanya langsung ketakutan gitu sampe nangis...wuih emang serem seh kalo sampe diserunduk sama sapi..apa jadinya??




1 ekor sapi yang ngamuk, katanya RAS sapi ini, sejenis dengan Sapi SBY...

Mmm...jam 1siang. Udah dapat 1potong paha kambing,
Tinggal 1potong paha lagi, yang belum dibagi, utk orang2 rumah gw.
Si ayah n si om bi yang doyan sama daging kambing, langsung deh di bikin sate kambing,.
Udah deh, mereka berdua, sibuk mengolah sate nya.

Ayah yang motong dagingnya. Om bi yang bakar satenya, si mbok yang masak bumbunya, sementara gw mah tukang makan aja hehehe



Masak-masak sendiri, makan-makan sendiri


mmm.. dan Jam 3.30 sore dari rumah yang kebetulan dekat dengan mesjid,
agak sedikit kaget juga seh, begitu dengar suara ramai-ramai, oh ternyata warga disekitarnya minta daging sudah mudah berdatangan, gw pikir bakal ada kerusuhan hehehe
tapi untunglah, tidak sampai terjadi. walaupun warga tidak dibagi berdasarkan pembagian kupon, hanya cap jempol dengan tinta biru, seperti tinta pemilu...

masing-masing warga yang datang, mendapatkan daging sekitar 1/4kg...

 



Pembagian daging Qurban


Powered by lulue BlackBerry®

1 comment:

  1. Subhanallah semoga kegiatan qurban seperti ini bisa bermakan untuk berbagi daging qurban dan mengedukasi masyarakat di sekitar untuk ikut serta bersama dan juga berqurban

    ReplyDelete

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---