14 November 2011

melihat papa--> yang sedang sakit

Alhamdulillah. Dengan perjungan di padang semalam, sampai juga kita di bukittinggi, jam 8 pagi, jalanan padang-bukiitinggi saat itu lancar, ga pake macet, kita jalan santai saja, berangkat dari padang sekitar jam 5.30pagi.



Akhirnya ketemu Papa juga…

Oooh syukurlah, gue senang bangget, mami dan Ronald yang sedang di rumah Sakit saat itu juga ikut senang…

Mereka semua terkaget2, kok bisa2 nya gue datang sendiian??, biasanya komplit dengan pasukan tempur hehehe, mereka bertanya2, bagaimana dengan dzilly?, bagaimana dengan ifa?? Ngangis ga nanti?? , rewel ga nanti???, tidur sama siapaa?? Bla..bla…



RSSN Bukittingi, rumah sakit rujukan dari pemerintah satu-satunnya untuk daerah sumbar

Alhmdulillah, pagi2 tadi gue telpon anak2 baik2 saja, dan pada heppi, semalam malah ga rewel, (syukurlah ada teteh2 nya yang saying sama anak2 ku, Thank You Allah)



Balik lagi ke kondisi Papa, waktu gue sampai disana..

Papa lagi pipis, ditemani mami dan ronald…(kakak kandung satu2nya)

Ooh..papaku sekarang duduk di kursi roda, Biasanya papa orangnya suka gengsian, super gengsian.., suka ga mau ngerepotin orang, suka ga mau minta bantuan orang, bahkan ketika keadaan sakitpun, papa gam au dianggap lemah di deoan orang-orang, bahkan untuk jalan saja, papa paling ogah kalo harus dipegangin orang lain..



Tapi mungkin sekarang keadaan yang memaksa papa, untuk harus duduk dikursi roda…



Kata Mami, ini sudah banyak kemajuan yang dialami papa, dibandingkan dengan Hari 1 nginap dirumah sakit. Papa hari ini, sudah bisa menggerakkan tangan kirinya yang kemaren sempat lemah…

Papa sudah bisa mengangkat tangan, memegang bola, dan menggerakkan tangannya atas dan bawah..



Yaa..hari ini, adalah hari ke-7 papa, dirawat dirumah sakit stroke nasional bukittinggi ini, artinya ini, sudah seminggu papa di rawat, ini adalah perawatan papa paling lama di rumah sakit, sebelumnya pernah operasi besar syaraf kejepit, nginap sekitar 2-3hari di RS.international bintaro.

Syukurlah, sekarang ada mami dan Ronald yang setia menemani papa, bahkan mami tidak pernah terpikir meninggalkan papa, bahkan untuk ke toko pun, mami agak berpikir ulang… (biasnya mami khan super sibuk, dan super cinta kerjaan..)

support dan doa keluarga, buat papa tercinta


RSSN (rumah sakit stroke nasional) ini adalah rumah sakit pemerintah, satu2 nya rumah sakit rujukan untuk daerah sumatera barat, (karena setelah diteliti, yang banyak mengalami stroke ini adalah orang bukittinggi), sehingga padang sebagai ibu kota padang pun, pasiennya harus berkunjung ke Bukittinggi ini, termasuk daerah sumatera lainnya.
yaaa..namanya rumah sakit pemerintah, pasti akan beda tampilannya dengan rumah sakit swasta, terutama swasta di jakarta, tampilan rumah sakitpun, nyaris biasa-biasa saja, kasur VIP nya pun juga standarnya kasur kelas 1 di rumah sakit swasta jakarta,harganya sudah pasti lebih murah donk rs pemerintah dibandingkan dengan rs swasta, untuk VIP di RSSN ini Rp 350rb/malam, sedangkan untuk VIP swasta biasanya sekitar 600rb-650rb/malam, belum lagi banyaknya kasus pasien yang kabur, maka proseduralnya, untuk tiap pasien yang dirawatpun, harus membeli obat sendiri2 di apotik yang di tunjuk..
ALAMAT RSSN (rumah sakit stroke nasional) : jl. SUDIRMAN NO.13 BUKIITINGGI



Sekarang, mami meninggalkan semua aktifitasnya hanya demi merawat papa, (yaa mungkin disinilah letak pengabdian, kesetiaan, dan cinta yang tulus),

Begitu juga dengan ronald juga meninggalkan kegiatannya, semata-mata merawat dan menjaga papa, bahkan dia bela-belain meninggalkan keluarganya yang dipadang menuju bukittinggi.

(mudah2an keluarganya cukup ngerti dengan semua keadaan ini, apalagi dia punya anak yang masih bayi)



kondisi papa dan rumah sakitnya.


Ronald juga cukup telaten dan santun dalam merawat papa, inilah yang bikin papa bahagia dan nyaman, dan merasa sudah memiliki anak yang sholeh,  bahkan semuanya ronald yang membantu ketika pipis dan buang air besar, serta membantu memandikan papa, dan juga menggendong serta memapah papa…(maklumlah, hanya Ronald anak laki2 satu2nya dikeluarga ku)



Merawat orang sakit, Bukan pekerjaan yang gampang memang..semua butuh kesabaran, ketelatenan, ketekunan, dan pengorbanan…, mmm...jangan berharap banyak ya dari suster2 jaga RS, mereka hanya sekedar membantu saja, bukan untuk merawat pasien satu persatu...



Sementara, karena gue baru saja datang, masing binggung harus bantu apa dan bagaimana???bantu appa pipis, mandi dan buang air besar pasti papa malu,jika aku ikutbantu..

Yaa..sudah gueduduk saja, sekalian sekali2 ikut bantu papa dan mami



Bahkan si indah dan ari,ngajak gue ke rumahnya, begitu juga aunty (tante gue), ngajakin gue ke aur kuning, semuanya gue tolak, ga mungkinlah, gue yang baru datang, tapi tujuannya malah wisata…



Gue cukup berdiam dirumah sakit, karena papa siangnya tidur pulas, akhirnya guepun tertidur pulas juga di kursi (hiii..jarang2nya gue bisa tidur dikursi, pulas pula!!)



Lah-lah..indah maghrib2nya bawaain bakwan+sambelnya.., ga jelas kenapa, kok gue akhir2ini suka gatal2 tiba2, dang a jelas penyebab nya (semacam alergi angin atau apalah..),mereka tiap lihat bibir, selalu ketawa..lucu kali ya??? (maaf ya tidak layak di ekspose)

Kali ini pas di bukittinggi, bibir tiba2 bengkak), telpon intan nanyain obat (maklumlah intan khan dokter), sampai ½ jam ditunggu, bibir belum kemajuan, malah makin bengkak, pergi ke UGD Rs. Malah sama nganjurin obat yang smaa..hiiiks..mana dingin banget lagi di bukiitinggi…



Mungkin karena pengaruh obat alergi yang tadi gue minum, akhirnya gue ketiduran jam 9.30, padahal seh tadi siang udah tidur nyenayk 3jam-an


comment group family-koe, ketika terdampar di rumah sakit ckckckck


Tiba2 jam 4 pagi, papa bilang mau pipis, hebatnya Ronald, langsung bangun ketika papa bilang mau pipis..(salutt!!))

Setelah terbangun, papa sulit tidur kembali, malah papa bilang, punggungnya begah dan sakit,

Akhirnya mami nyuruh pap minum obat tidur lagi, sambil gue gosok2in punggung papa, serta ngipas2in..syukurlah papa bisa dan cepat tertidur kembali…



Mudah2an pengorbanan gue yang ga seberapa ini menambah arti buat papa (tanpa bermaksud pamrih)



Esok paginya,papa gue suapin sarapan roti+susu, sembari nunggu etek non, sodara papa satu2nya yang tertinggal saat ini) dari jambi, yang ingin lihat kondisi papa langsung…



Pas Gue mandi, semua sudah pada datang, etek non+rahmat (anaknya) dan juga dokter visit+ dan susternya…+ aunty juga

Setelah itu, aunty ngajakin gue ke aur kuning, karena berhubung, gue niat pulang hari ini, ya udah deh sekalian beli oleh2 disana



Next story..





baca juga: 










 

1 comment:

  1. just share info aja, RATU MEDIKA adalah toko online yang menjual kursi roda travelling untuk jalan-jalan. Kursi roda liburan (kursi roda bepergian) ukuran kecil dan ringan. Kursi roda haji yang biasa digunakan saat naik haji dan naik pesawat. Kursi roda lipat ukuran mini yang ringan dan praktis masuk bagasi pesawat, untuk lebih jelasnya dapat membuka link ini: http://www.ratumedika.com/kursi-roda.html Thanks all….

    ReplyDelete

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---