30 October 2011

manasik haji--> alhamdulillah yah jadi HAJI kecil...

Alhamdulillah, kegatan padat dzi, dibulat oktober ini sudah hampir berakhir
Sabtu, 29 Oktober, 
Jadwal Manasik haji Sebenarnya jam 8.30 ngumpul di sekolah
dan jam 9.30 acara di mesjid RCTI Radhatul jannah 
Infonya, Hari itu, akan ada 1500 anak mengikuti Manasik haji di Mesjid rcti ini...,
di bagi dalam 2 sesi
(subhanallah, hebat juga ya Panitia RCTI, sampai mengizinkan dijadikan acara manasik haji dilingkungannya)




Karena dari sekolahnya ortu ga boleh nebeng sama kendaraan anak, 
apalagi mbaknya...
dan Pulangnya pun sendiri-sendiri,
meskipun Untuk Manasik ini sudah bayar Rp 75.000
mmm... kemahalan juga kali, mengingat hanya naik angot (berangkat saja )+ hokben makan siang...

Tapi ga pha-pha lah demi anak,
karena Tujuan kegiatan manasik haji ini, Adalah  salah satu cara memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini pada anak. Anak-anak diperkenalkan dengan satu dari sekian ragam bentuk ibadah sebagai umat muslim.


yaaaa... okelah
gue karena takut ga dapat parkiran nanti di rcti,
mengingat Parkirannya kadang suka penuh (kalo shalat taraweh)

akhirnya suruh si Tetehnya aja yang ke sekolah,
nganterin sambil nungguin sampe berangkat...
ternyata banyak juga ibu-ibu yang nyusul anaknya disini...

Akhirnya rombongan Manasik TK kartini, datang jam 10.00
(agak panas seh, tapi mudah2an dzi ga ngeluh panas...)

seperti layaknya Orang Dewasa yang berpegian Haji,
Anak perempuan, menggunakan baju Muslim warna Putih,
dan Anak Laki-laki Menggunakan Pakaian Ikhram (disediakan oleh orang tua masing-masing)

di Pintu Gerbang, depan Pentas panitia, seolah-olah rombongan mendaftarkan rombongan Hajinya,
berdasarkan Negara mana dan Koloter berapa, ada yang mengaku dari Negara Kuwait, ataupun Bangladesh,
yang jelas ga ada negara Yahudi ya atau Israel ya dzi hehehe




di Pintu Gerbang, depan Pentas panitia, seolah-olah rombongan mendaftarkan rombongan Hajinya,


Panitia, mengucapkan lafash : Labbaik allahumma labbaik, labbaik laa syariika laka labbaik, innal hamda wani'mata laka wal mulka laa syariika laka. Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu,. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kekuasaan adalah milik-Mu. Tak ada sekutu bagi-Mu.
(sungguh, air mata mama nyaris mengalir, mendengarkan lafash ini dzi.., mudah2an mama dan ayah, juga bisa terpanggil untuk menunaikan ibadah haji ini ya nak, seperti halnya kamu, juga mendoakan dan minta mama mendoakan buk guru bisa naik haji juga (amiiin) 

setelah Panitia, melepas keberangkatan jemaah haji kecil ini, (seolah-olah di dalam pesawat),
dengan mengucapkan "selamat Jalan, semoga menjadi haji mabrur.."

Para jamaah Haji ini, siap-siap mengambil batu 9buah


100 meter dari tempat pelepasan haji, 
seolah-olah rombongan haji kecil ini telah sampai sampai di Arafah
Para jamaah Haji ini, melakukan mabit atau tinggal sebentar sambil mencari batu yang akan digunakan untuk jumrah di Mina, Arab Saudi,  siap-siap mengambil batu 9buah, untuk dilempar jumroh di Arafah
(batu ini, diganti dengan potonagn ban bekas)

setelah mengambil batu, anak-anak  melontar jumrah di Arafah
disana telah menanti panitia berbusasa hitam-hitam, layaknya orang Arab asli,
memberikan instruksi pada para jemaah disini, untuk melempar ketempat yang telah disediakan, Umroh Wusto, Umbroh Aqoba (dan 1 lagi lupa, maaf ya...), masing2 para jamaah melempar 3 batu,  


 melontar jumrah di Arafah

Setelah itu baru mereka melaksanakan tawaf dengan mengelilingi ka'bah sebanyak tujuh kali.
TAWAF Dalam pengertian umum Ibadah Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, dimana tiga putaran pertama dengan lari – lari kecil (jika mungkin), dan selanjutnya berjalan biasa. Tawaf dimulai dan berakhir di Hajar Aswad ( tempat batu hitam ) dengan menjadikan Baitullah disebelah kiri. 

TAWAF 7x



untunglah acara manasik haji ini, di adakan dalam mesjid RCTI, jadi anak-anak pun tidak merasakan kepanasan, dan bisa melaksanakan haji dengan Khusuk,

setelah melakukan Tawaf, Rombongan Haji ini melakukan shalat berjamaah, yang di Pimpin oleh seorang guru dari Tk kartini, sebelumnya anak-anak ini, sudah di ajarkan cara shalat dan bacaan shalat, jadi merekapun bisa mengikuti,




Rombongan Haji ini melakukan shalat berjamaah dekat ka'bah dan dekat maqam Ibrahim


Rombongan Haji ini melakukan shalat berjamaah

Sebelah tempat ka'bah dan tempat jamaah shalat, ada sebuah miniatur makam ibrahim...

Maqam Nabi Ibrahim


setelah melakukan Tawaf, para jamaah haji kecil ini, melakukan SA'I,
"Sa'i adalah lari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah", 
Para jamaah Haji kecil ini pun, secara beramai-ramai melakukan lari-lari kecil antara Bukit Safa dan Marwah, di iringin oleh para guru

SA'I,  Para jamaah Haji kecil ini pun, secara beramai-ramai melakukan lari-lari kecil antara Bukit Safa dan Marwah, di iringin oleh para guru

Usai melaksanakan sa'i, 
anak-anak, Istirahat sejenak sambil minum air zam-zam, air zam-zamnya kenapa ga yang beneran bu?? khan ada yang jual juga tuh di toko arab, dekat tanah abang, ga mahal2 amat lah
Anak-anak di kasih Air zam-zam berupa aqua gelas (hiiiks...), dan dzilly pun senang, sambil berkata "ma..Tadi dzilly habis donk, minum air zam-zamnya.., "   walaaah dziii....?? sambil senyum simpul aja gue
Minum Air zamzam

setelah istirahat sejenak, kemudian dilanjutkan 
latihan manasik haji lainnya adalah tahalul, yakni dengan mencukur rambut. Rambut anak-anak di gunting oleh guru-guru atau panitia, anak-anak pada bertanya " rambuutnya digunting beneran ya bu guru??? hehehe bu guru nya malah bilang ini digunting boongan kok...)


tahalul, yakni dengan mencukur rambut


akhirnya para jamaah haji ini, kembali bersiap-siap ke Tanah Air,
sesampainya di Tanah Air, rombongan jemaah Haji ini, boleh berkumpul kembali bersama keluarganya...
(kembali ke tempat berkumpulnya panitia start),
kemudian panitia pun, mengucapkan terima kasih 
rombongan jemaah Haji kecil ini, langsung disambut kembali oleh orang tua masing-masing.


sibuk bergaya sama Dihan

meski hanya latihan, tapi tata cara haji sebisa mungkin dilaksanakan dalam acara tersebut. Tapi karena waktu dan tempat yang tidak memungkinkan tidak semua tahapan haji bisa dilakukan, cukuplah rukunnya saja, 
"Yang jelas rukun haji sudah dilaksanakan dalam latihan manasik haji kali ini"
ada beberapa hal yang tidak bisa laksanakan mengingat waktunya yang sangat terbatas.



Doain mama dan Ayah, bisa ke mekah segera ya dzi..(amiiin)

kegiatan lainnya: 
ada Anak Lira Virna (artist), yang kebetulan juga di Tk Kartini, ikut acara kegiatan manasik haji ini,
dulu waktu kelas TK.A, Exzel ini sekelas dengan Dzilly..



Anak Lira Virna (artist), pun ikut Manasik haji
Jamaah Haji yang Lapar

Kegiatan Shopping pastinya ga ketinggalan 




Bergaya di depan Onta..jangan sampe di patain donk dzi, ekor ontanya...
nanti pas Idul Adha, onta nya kita Potong ya....hehehe


Aksi dzilly and Friends
indahnya masa kanak-kanak....
tetaplah ceria seperti arti namamu nak...
dzilly=ceria (in germany)


 



Bergaya di Depan mesjid RCTI
ga kerasa, hampir 2 tahun ga ke mesjid RCTI ini,
dulu, waktu ke Mesjid RCTI jaman Hamil Anak ke-2,
kita rombongan sering ke mesjid ini, untuk shalat Taraweh, di bulan Puasa...
Maklum lah, mesjid di rumah gue, rada jauh, malah hanya ada buat Pria saja

Saat itu, Dzilly berumur 2 tahun, dan sering disangkain BAIM...
(artis anak-anak Popular saat itu)
karena wajah dzilly, dulu benar-benar mirip baim...





Bergaya di Depan mesjid RCTI
ga kerasa, hampir 2 tahun ga ke mesjid RCTI ini,



Labbaik allahumma labbaik, labbaik laa syariika laka labbaik, innal hamda wani'mata laka wal mulka laa syariika laka,
Yaaa Allah, Yaa rahim...
Engkau Maha pemurah, Maha Penyayang, Maha Pendengar,
Jika dengan Izin mu, getarkanlah Hati ini, untuk bisa menuju ke Rumah mu ya Allah,
Izinkanlah aku, Izinkanlah kami, beribadah ke rumah mu,
beribadah dengan Hati yang bergetar karena rindu pada-Mu, beribadah dari hati yang terdalam,
berikanlah kami hidayah-hidayahMu ya ALLAH, Lindungilah kami dari semua Rezeki2 yang Hallal... (amiiin)



baca juga:



































No comments:

Post a Comment

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---