25 June 2011

hei..para TKI~>masih banyak kok peluang kerja di negaramu sendiri

Saat ini lagi hot issue..
Masalah TKI yg dihukum gantung.
dan bakal berjejer katanya TKI yang akan dapat hukuman serupa
Tragis plus prihatin memang...


Seperti yang ada dicuplikan koran kompas ini :



Mmm...mungkin pendapat gue lain lagi,
Baiknya pemerintah memang melarang memasok TKI ke saudi arabia, ke malaysia ataupun ke singapore..
Selain banyak tragedi yg menyeramkan pernah terjadi.dan hukum disana yg minim dengan perlindungan TKI


Kalau dipikir~pikir, di indonesia sendiripun khususnya kota besar jakarta..masih banyak peluang kerja.terutama sebagai pembantu rumah tangga..kenapa mereka2 calon tki tsb berbondong2 nyari kerjaan sampe ke arab?sampe ke malaysia segala...
Para calon TKI itu aja yang pada belagu !!
Yang sok sok an.yang mungkin pada jaga gengsi segala..
Masalah gaji besar? Iya gue akui memang dapat gaji yg besar.bahkan jauh dari standar gaji di indonesia.
Tapi para calon tki tsb kan,mereka kesana ga gratis!! Mereka juga rela bayar jutaan buat DP atau ongkos kesana. Bahkan jika ga punya uang pun mereka rela ngutang sana sini. Demi gengsi buat jadi TKI dan harapan akan merubah nasib.baaah...
Dan apa mereka ga tau? Untuk mendapatkan Gaji besar khan Harus rela mendapatkan perlakuan seperti budak? Kerja jam 5pagi sampai jam 1 malam. atau bahkan lebih..rumah disana juga besar2. Belum lagi banyak mendapatkan perlakuan tidak manusiawi. Disiksa.di strika.di aniaya.atau bahkan diperkosa sampai punya anak.tak jarang para tki itu pulang ke kampungnya membawa anak yang tampang arab,sementara anak di yakini ga akan mengenal siapa ayahnya.belum lagi banyaknya TKI yang meninggalkan keluarganya di indonesia.meninggalkan suaminya yang akhirnya berselingkuh bahkan diceraikan. Belum lagi anaknya yang ditinggal lama.diasuh oleh neneknya atau akan jadi anak yang tidak ter-urus atau cenderung broken home..


Tragis memang..kalau dikaji2 ujung-ujungnya adalah masalah perekonomian yg jauh dibawah rata~rata. tingkat kemiskinan yang merajalela...Entah siapalah yang akan bertanggung jawab tentang masalah perekonomian KITA, PEMERINTAH ??? cuih...bulshit....Ngomong DOANGGGGGG.............


Ogh seandainya para TKI itu.melirik lagi pekerjaan di negaranya sendiri.masih banyak yang membutuhkan tenaga mereka.
Berapa orang di indonesia ini yang menjerit susahnya mencari pembantu rumah tangga saat ini?
Seperti gue nyaris 3bulan, menjerit susahnya cari pembantu dan sampai sekarang belum ter-atasi.belum lagi kakak gue sempat nyaris 2 tahun teriak nyari2 pembantu harus kemana? .belum lagi teman2 gue yang juga mengeluh nyari pembantu, serta beberapa status teman2 gue di fb yang sedang kesusahan ga ada n binggung nyari pembantu harus kemana?


Belum lagi kualitas para pembantu2 di indonesia yang cenderung rendah dan buruk..
Pemalas.Bangun siang, kerja dikit mainnya banyak, hobbynya krang~kring melayani telpon orang2 yang jelas,sms2an.hoby nya pacaran. Ga bisa masak. Kalo kerja sukanya ngelamun.disuruh kerja kadang cemberut.kadang juga itung2an dalam tenaga.kalo diajak temenin jalan, cemberut. Belum lagi kalo kerja udah sore atau malam cenderung ga mau..belum lagi belum umurnya udah buru2 kawin...bahkan ada yang hobi pulang kampung, dan berbagai alasan Bilang Ga Betah.., alasan Bilang Gaji Gak cocok, sering mengeluh kerja di rumah sini, rumah disana CAPEK---> ya kalo ga Capek.. Tidur aja, Ongkang-ongkang Kaki !!!
Baaah kalo dipikir2, wajar aja TKI indonesia tu disiksa diarab atau di luar negeri.
Mereka para tki mungkin menyamaratakan budaya dan sifatnya. Dimana sifat bangsa indonesia ini yang sangat pemaaf dan cenderung toleran dengan hal~hal yang negatif. Mana Bisa samaaa cuy..ama Budaya dan Bangsa Lain???? 
Gaji Besar, Tapi kerja Malas-malasan????------> SORRY ya... !
Kalo Mau.. GAji besar, Boleh Tuh Loe gue siksa dan Strika dulu....


Ups.. emosi Jika Kalo nanggapi masalah Pembantu..
Ini hanya berdasarkan Pengalaman, pengamatan dan curhatan ibu-ibu lain yang masuk ke gue..(mengenai ulah para pembantu-pembantu rumah tangga mereka), 
Yaaa... mungkin ga 100% ulah Para Pembantu dan TKI yang seperti di atas, itu hanya sebagian atau beberapa Persen...


Yang harus berobah tu TKI nya...
Mereka harusnya sebelum berangkat mempunyai bekal keterampilan.merubah sifat2nya yang cenderung pemalas.belum lagi.kendala bahasa yang mereka nyaris ga nguasai.gimana gak miss komunikasi disana. Orang pembantu disini aja banyak yang bahasa indonesianya ga jelas..gmn ga dihukum gantung tuh.ga ngerti bahasa ibu, seperti bukan salah tapi ngaku salah,ya wajar akhirnya ditindak sesuai hukum disana..


Ah udahlah..ga usah susah2 jadi TKI diluar sana.
Wahai Para TKI dan TKW, Di negara sendiri aja tenagamu masih banyak yang membutuhkan..
kata siapa,ga ada peluang kerja di negara ini? bahkan ga ada salahnya para pembantu ini mau juga kerja diluar kota, ga harus cenggeng selalu berada di pulau asal mereka. Jangan selalu Prinsip Makan Ga makan yang penting Ngumpul...? (prinsip dah kuno nurut gue, kalo Pengen Ngerubah NASIB), bahkan Para Pembantu disini Mereka cenderung ga perlu ngeluarkan ongkos Jika kerja di Negara ini,bahkan kebanyakan majikan yang bayarin ongkos para pembantu ini...


Aggh...Seandainya,mereka melirik peluang ini..

baca juga:  
prt baroe~ku
prt arabku

No comments:

Post a Comment

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---