Jun 3, 2011

Cara design aQuarium ikan tawar

Akhirnya jadi juga deh
Bakal alih profesi jadi Tukang dekor aquarium hehe...

Setelah..
Rencana selasa 31 mei kemaren mau beli Peralatan ikan tertunda, karena ujan..
bawaannya udah males deh, kalo ujan di jakarta, biasanya macet total...

Akhirnya hari rabu, setelah dzi pulang sekolah...
Langsung tancap gas ke jl.sumenep lagi
Beli peralatan tempur buat dekor aquarium...


Nyampe sana jam 2..(berangkat jam 1 dari kebon jeruk)
mmm macet juga yak..
Meskipun hari biasa Dan bukan jam kantor...
Heran neh jakarta...
kemacetan makin merajalela...


Perut Dan lapar...
Langsung nyari makan...
Disekitar sana (dekat bundaran sumenep)
Cuma Ada yang jual sate ayam ama soto..
Ya udah deh..kebetulan lagi pengen sate ayam..
Dzinya juga mau...(meski cuma kuahnya doang)hiks..
ternyata satenya Lumayan enak sih.. Cuma bapaknya rada budek aja..
sama penampilannya rada dekil....
N..ternyata dia dagang dah 40th...woow..mantab...

                                                                                          
Setelah makan..
Langsung deh hunting...

lokasi Pusat ikan Hias ini,
berada disekitar jalan menteng,
Petunjuk Arah ke jalan sumenep: 
jika melewati bundaran Hi, kita harus putar balik ke arah blok m
belok kiri, sebelum dukuh bawah,
ada restoran singapore, trus belok kanan,
mentok dari jalan itu (karena perbodent), belok kiri dan langsung belok kanan,
di jamin langsung sampai dan cari parkiran....

Hari pertama ini emang rencananya cuma beli alat2nya dulu
Seperti pasir,pupuk,pohon,sama tanaman..
Kalo udah kelar landscape aquariumnya
Baru deh dilanjutakan beli ikannya di hari besoknya..
Karena ikannya riskan Mati..jika ga Ada oksigen..

sekarang hanya Nyari2 pohon untuk di aquarium yang cocok..
Karena..design aquariumnya bakal 2muka/2Sisi

mmm... kalo hari biasa gini, bukan selain hari libur,
toko ikan hias jalan sumenep ini sepi ya...
Pedagang aja, tampak tidak ada aktifitas neh...
pengunjung pun, bisa dihitung dengan jari..
kasihan...
ini resiko bisnis dari hobby...





begitu, melewati tempat si abang-abang yang jual pohon hias kemaren,
dia langsung ingat ma gue...
sampai ukuran aquarium gue pun dia masih ingat

langsung aja si abang dengan PD nya ngubek-ngubek aquariumnya,
mengeluarkan koleksi pohonnya yang paling besar
ya udah deh, lirik-lirik dulu koleksi si abang...

 

koleksi yang pernah ditawarin si abang sebelumnya....
harga 2 buah pohon air ini Rp 350rb
(belum termasuk tawar menawar)

tapi sayang pohon ini, belum siap pakai,
karena pohon aquarium ini, belum full terendam,
nanti alhasil pohon ini malah merapung di aquarium...




koleksi pohon air, untuk aquarium darat yang ditawarin ke gue...
pohon , nanti bisa dihias dengan daun-daun/ tanaman air di atasnya....

Pohon air ini cocok buat 2 muka Aquarium,
depan sama belakang mempunyai  tekstur, yang bisa sama-sama bagusnya
kayaknya pohon ini cocok dengan aQuarium gue dirumah....

Busyet..si abang nawarin buat 2 pohon ini, Rp 550rb....
weeeeh kemaren loe nawarin cuma 150 sampai 350rb bang,,,(kumaha yeik???)
yang bener donk bang harganya...??
setelah melewati penawaran yang sengit,
dari harga 250rb, 
akhirnya nyerah juga gue dengan harga Rp 400rb, (plus dengan7 buah tanaman air)
wah nyesel juga nawar segitu..Harusnya bisa dapat harga lebih murah... !!! (hiks...)


ini berbagai tanaman air, yang cocock untuk aquarium air tawar...
Tanaman ini bisa hidup dan tahan lama,
lebih awet lagi, jika ditambahkan dengan kipas angin dan lampu tanaman,
di atas aQuarium...
karena tanaman ini, hidup dengan udara yang lembab...

Harga Tanaman air ini bervariasi
dari yang rumput (paling kecil-bawah), Harga Rp 2.000-2.5000/potnya
yang agak tinggian Rp 4.000
sampai ada tanaman impor dari Rp 35.000 sampai 75.000/potnya....
cuma rata-rata, warna tanaman air ini hanya berwarna Hijau,

Paling ada cuma 1 varian, yang berwarna merah (namanya lupa) harga sekitar Rp 20rb-25rb/potnya

























ini, tanaman pilihan gue yang siap bawah pulang
sayang, tumbuhan air yang warna merah, 
ada dikantong warna hitam ini, jadi tidak kelihatan
Total belanja untuk tanaman ini Rp 160.000




Setelah milih-milih tanaman dan Pohon air,
sekarang saatnya milih pasir
Gue pilih Pasir hitam, lebih model baru, dan mengikuti trend kata orang hahaha
Aquarium ternyata juga ada trennya ya...

Lokasi tempat belanja Pasir ini, berada di tengah
dan seperti nya, tempat penjualana pasir-pasir yang lengkap
(samping-kiri-kanannya, di batasi dengan kawat)

-Harga-harga Belanjaan untuk dekor aquarium Tawar:
-11 karung pasir            Rp 300.000
-Pupuk yang bagus JBL 5kg   Rp 250.000
-2bks batu itali            Rp  40.000
-1bks batu mutiara          Rp  25.000
-Kapas 1x1                  Rp  30.000
-1bks batu mik kecil        Rp   5.000
-1buah pupuk cair           Rp  45.000
-Mesin resun air (filter)   Rp 300.000
-magnet kaca                Rp 100.000
-Lampu Jebo                 Rp 110.000
                            ----------
Total belanja               Rp 1.205.000

 * esok harinya, gue datang untuk beli ikan...
baru sadar, si abang ini ngerjain gue,
dia ngasih harga kemahalan....SI*L*N........
ah..kapok deh belanja peralatan disana....























Harganya jauh...gue kemaren beli/tanya-tanya
-lampu tanaman 1 lagi merek JEBO, Harga cuma Rp 65.000
-filter cuma Rp 250.000
-Magnet kaca cuma Rp 65.000
-makanan ikan cuma Rp 15.000 (yang halus)
-Pupuk cair cuma Rp 35.000
-Kipas angin untuk Tanaman (6kipas) Rp 210.000
-ikan-ikannya (banyak pilihan ) cuma Rp 1.000/ekor





ah..besok-besok kalo mo beli, mendingan beli sama abang yang ini aja,
Harganya jauh lebih murah dari yang lain, dan bukan harga jebakan...
yang bikin kantong bangkrut..
nyeseeeel banget deh...
lokasinya dekat mesjid, 
kalo dari arah menteng belok kiri,
kiosnya kecil, tapi lengkap (ada 3kios), namanya IPAN...
Alamat pastinya ga ada (karena berbentuk kios-kios kecil),
kebetulan kemaren gue dikasih no Hp nya : 0852-189-30007



ini, ada kura-kura besar..
Harganya kura-kura ini Ga tanggung-tanggung Rp 3.5juta..
Makannya Pisang sama sayuran...
bisa juga dwi fungsi sebangai Kursi berjalan hehehe
ih..bukannya kura-kura ini udah ga bleh diperjual belikan???
bukannya termasuk hewan langka yang dilindungi???
Awas bang, nanti ketangkap, kalo ada RAzia...

Selesai Belanja-belanji, peralatan Dekor Aquarium

Waduuh..  udah jam 4 neh..
mo kena 3 in 1..., sementara gue cuma ber-2 dimobil
akhirnya ga ada pilihan..
gue muter-muter lewatin gambir, trus lurus melewati istana Negara,
lurus ke arah Harmoni, setelah perempatan lampu merah harmoni yang besar
belok kiri, ke arah tomang,
nyampe bawah kolong tomang (menuju Tol kebon jeruk..),
disambut dengan kemacetan ibukota lagi...
(wah gini neh ya, kalo orang-orang yang tinggal BSD, pulang kerja..), mana truk-truk besar juga ga mau kalah,
ikutan melewati jalan tol ini, menambah keruwetan jalanan...
ampe di rumah jam 5.30 sore (dari jam 4 sore)




Rada capek juga seh...
cuma Dzilly sama ifa, rada ngotot, minta dihias langsung Aquariumnya...
yaaa.. udah deh..
 abis maghrib, dengan semangat , langsung gue mulai dekor aquariumnya....
dibantu dengan 2 orang Tim... (didit dan alul...)
(dengan panjang aquarium 2m*60cm)
Yang sedikit agak lama, adalah menghias susunan tanamannya...
kadang tanamannya ada yang cocot/lepas
ataupun naik keatas air, ga nempel ke pasir...

* Trik Mengisi air...
Air di isi, setelah pasir telah disusun, kemudian , pasir ditutupin dengan kantong kresek...
Fungsinya, agar pasir tidak tercampur/ naik, sehingga air tidak ikutan keruh/kotor bersama pasir...
Hasil Aquarium 2 muka,  
Tampak depan dan Tampak belakang....
(sebelum dimasukan ikan-ikan...)
disini,sebagai pemanis gue tambahan berbagai mainan pelengkap...
(ga usah beli, cukup ambil mainan anak-anak yang udah ga dipakai, dan siap di tarok di atas pasir)
kalau bisa yang terbuat dari besi, karena dari bahan plastik, mainan ini akan naik ke air,
atau bisa juga dengan mainan plastik, asal benar-benar di tekan/dibenamkan yang kuat kedalam pasir


Hari ke-2..
Hunting ikan, di jl,sumenep (again..)
ampe abangnya udah mau hafal ma muka gue hihihi....


setelah kemaren, mempunyai target-target sama ikan-ikan apa aja yang bakal dibeli...
akhirnya mulai deh perburuan...

untuk ikan kecil-kecil seperti ini,
ada ikan yang badannya salur-salur (hehe kayak bahan baju aja)
ada yang ikan motif dalmation, dan ikan ekornya kuning (bagian ujung)
sama ikan badannya orange belakangnya hitam, sama ikan neon.. Harganya cuma Rp 1.000/ekornya....
murah banget yaaaaa......

ya udah akhirnya masing-masing beli 20ekor tiap jenisnya...

di tempat Bang IPAN ini, (tokonya dekat mesjid), dari arah menteng, 
kalo udah ketemu mesjid belok kiri
Harganya yang paling murah,
jika di tempat lain bisa Rp 2.000 sampai 4.500/ekor, kalo di tempat bang IPAN ini cuma jual Rp 1.000/ekor...
sama alat-alat perlengkapan ikan juga paling murah disini..
seperti filter,makanan ikan,kipas aquarium dll...

namanya IPAN...
Alamat pastinya ga ada (karena berbentuk kios-kios kecil),
kebetulan kemaren gue dikasih no Hp nya : 0852-189-30007

(PALING DI REFERENSIKAN....)



Paling Cinta bener sama ikan Buncit satu ini....
kata abangnya nama ikan ini, mas koki Tikus Putih...
(ada sebagian seh yang warna putih di badannya)
bentuknya lucu dan menggemaskan,perutnya bulat dan ada sisik-sisiknya....
wowww...harga awalnya mahal gilak..
di tawarin Rp 200rb/ekornya, ukuran lebih besar dari foto ini (ditempat abang yang lain)
setelah keliling-keliling, ada abang yang lain nawarin ikannya Rp 300.000 per 4 ekor,
eh gue tawar Rp 150.000/4ekor....
dengan penawaran yang sengit akhirnya mau juga Rp 50.000/ekor...
cihuy..asyik neh bisa bawa pulang si gendut ini....
blus ditambah lagi, sama ikan mas koki yang berjambul dikepalanya, badannya putih,
tapi bibirnya pink seperti pake lisptik 2buah,
harga yang ditawarin sama Rp 200.000/ekornya...
ogah ah, ga mau beli...
eh akhirnya si abangnya ngalah juga ngasih harga Rp 50.000/ekornya...
ya mudah2 awet ya si gendut ni di rumah gue.......


Sebenernya pengen juga punya ikan katak putih gini....
bisa buat di aQuarium...
Harganya Rp 65.000/ekornya,
gue tawar Rp 25.000/ekor, si abangnya tetap ga mau..
Harga mentoknya Rp50.000/ekor..
wuih..mahal ah..ntar aja...


Karena beli ini, hari libur nasional,
jadi jalanan rada sepi,
dan cepat nyampe rumah....
ini contoh hasil belanjaan gue..
shopping ikan hahaha....
di tambah dikit beli tanaman buat rame2in Aquarium...




















Kita..rame-rame masukin ikan...
Ada alul (baju biru)
sama Ifa (baju putih) dan Uni dzi baju Pink...
Ifa dan Uni dzi, yang pastinya digendong ayah dekat aQuarium..
wuih..mereka girang banget....


Tips and trik belanja ikan dan peralatan di Jl. Sumenep :
  1. Ukur dulu Lebar dan tingi Aquarium
  2. Apakah Aquarium ingin di isi dengan ikan Hias Tawar atau ikan Hias Laut
  3. Ga ada salahnay, anda bertanya-tanya sama pedagang disana, berapa kebutuhan anda,
  4. Sebelum memutuskan untuk beli ikan/peralatan, ga ada salahnya, dikelilingi semua pedagang, untuk perbandingan harga maupun jenis ikan-ikannya (Lokasi salng berdekatan tidak trlalu memakan waktu)
  5. misalnya kebutuhan pemakaian pasir, untuk ukuran aquarium yang ada, ataupun ukuran kipas untuk tanaman
  6. Jangan lupa menawar, sebagian ada yang jual Harga Pas, atau ada yang bisa ditawar...



Yupiyuuuu.....
Finaly, i was finished my Aquarium.....

ini tampilan Aquarium baru ku...
cukup dan bener-bener puas deh...
bener-bener ga nyangka, akhirnya bisa juga gue dekor aQuarium sendiri,
dengan modal ilmu dakdakan (hanya nanya2 sama abangnya)
dan dengan Art yang gue miliki,
cukuplah penampilan aQuarium ini menggemaskan...
semoga Aquarium ini, bisa jadi inspirasi...
(Sepertinya jauh lebih bagus dan mempunyai seni yang tinggi dibanding yang di jl.sumenep hahaha, PD abiezz...)




Aquarium 2 muka/ Aquarium 2 sisi...

*sisi Depan



*sisi belakang



*Thank You GOD,
diberikannya aku art, dan keterampilan ini

semoga dengan Adanya Blog dan tulisan ini, bisa memberikan inspirasi buat pecinta Ikan dan Pecinta aQuarium...
Jika, ingin Aquarium di dekor sama Aku, please contact me.. hehehe



tulisan yang terkait sebelumnya:

jalan-jalan ke sumenep Pusat ikan Hias


11 comments:

  1. KNP GA COBA BLI DI DAERAH JATI NEGARA AJ ATAU DI CENGKARENG..KAN RELATIF LBH MURAH...TERUTAMA DI JATI NEGARA..TAPI HARUS PAGI2




    indra(screamofvirgin@yahoo.com)

    ReplyDelete
  2. Ayo di update lagi articlenya.. :D

    ReplyDelete
  3. asyiiik banget liputannya,
    komplit.
    nambah wawasan nih

    ReplyDelete
  4. mantap om tambah wawasan :)

    ReplyDelete
  5. gw mau nyoba niih..kontak info dunz..

    ReplyDelete
  6. Wahhh inspiratif bgt artikelnya.. Kok katak putihnya mahal di sana? di ciledug saia beli cuma 20K.. Buat bahan pertimbangan harga2 juga nii.. Hihihi.. Ceritain kelanjutannya donk.. Perawatan aquariumnya juga boleh..

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas commentnya,memang sih saya belum sempat untuk keliling untuk perbandingan harga-harga ikan ditempat lai. mungkin next time :)

    ReplyDelete
  8. sebenarnya, bisa jadi peluang bisnis jya ya mbak, soalnya saya memang sangat tertarik dengan Aquarium dan perniknya loh..
    terima kasih buat infonya

    ReplyDelete
  9. Mantap... crita ya penuh perjuangan xixixi

    ReplyDelete
  10. Salam Aquascape,

    Boleh juga.. Sumenep sih udah mahal sekarang. Kalo perabotan sih mahallah disana. Kalo favorit saya di aquaria daerah senen sana. pompa resun sp5200 itu cuma 195rb. Sedangkan tuh fan udah pas harganya. Kalo bisa ikannya diganti.. Ama tetra aja, cardinal atau neon. pilih salah satu. tapi banyakin. untuk ikan dasarnya bisa pakai cory.. plus shrimp. red cherry shrimp yang paling murah. Landscapenya bisa diperbaiki lagi.. Sayang beli kayunya mahal sebabnya.. Buat se-natural mungkin seperti kondisi aslinya...


    ________________________________________________________________________
    --- Dick Antonio. marindotech.co.id -----

    ReplyDelete
  11. Oh iya sebagai noted:

    Kalo aquascape kurangin arus didalam tank, karena arus dipermukaan air dapat memecah CO2 yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

    ReplyDelete

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Free Backlinks