31 May 2011

Jalan-jalan ke sumenep Pusat ikan Hias

Hari minggu kemaren 
Sebenernya ga punya rencana
mo nyari-nyari ataupun beli ikan buat aquarium....

Tapi karena berhubung, si didit lagi kuras air aquarium yang udah rada kotor
dan aquarium kelihatannya sepi-sepi aja
yang ada cuma ikan mas sama ikan sapu-sapu..huks..tragis
itupun juga ilang satu persatu, karena pada jadi kanibal di aquarium
(karena ada ikan mas yang besar sebagai kanibal makan ikan mas yang kecil)
padahal kasih makannya juga rutin de...


ini sebagian kecil dari ikan koil ada di jl.sumenep 
dengan warna yang cantik2 dan ukuran  yang bervariasi   




Padahal... sebelumnya dirumah (sebelum gue nikah), Aquarium yang dirumah tuh di isi dengan Ikan Hias, ikan Laut yang cantik-cantik 
warna ikannya pada hidup di malam hari, dengan tampilan Aquarium 2 muka
tapi sayang karena perawatannya yang susah dan rada mahal
akhirnya ga bertahan lama...
(langsung turun kelas geto..ama ikan-ikan mas yang murah meriah haha)
itupun sebagian hasil tangkapan dzi, hadiah dari mancing di pasar malam hehe

ikan Hias, ikan Laut yang cantik-cantik,
warna ikannya pada hidup di malam hari, dengan tampilan Aquarium 2 muka


Sebenernya Dalam Hati seh dah lama pengen ganti penampilan aquarium dirumah
karena udah nyaris 6 tahun deh ikan-ikan ini...


(seumur dengan pernikahan gue)
ampe mo muntah ngeliatnya...
sampe gue ga minat mo lirik2 lagi hehehe....

akhirnya, setelah ayah comfirm mau nemenin nyari-nyari ikan, 
mendadak..jadi deh.. kita rame2 pergi ke jl. Sumenep
nyari ikan hias....
bersama mama, ayah, dzi n dza trus teteh baru
(meski teteh ini hanya bertahan 1hari saja hahaha)









si dzul...
ayah dzi n dza ...

awal datang,
Di jalan sumenep, Pusat ikan hias di jakarta,
(baik ikan laut maupun ikan tawar)
kita udah disambut sama ikan-ikan koil yang warnanya bagus-bagus banget
ada yang warna merah,putih,belang putih merah (udah kayak bendera), 
ada juga koil yang warna kuning....
warnanya cantik-cantik...dari yang anak koil, ampe koil yang besar
dan ternyata koil ini bukan ikan yang murah, cukup mahal juga
(sangat jauh dibandingkan dengan ikan mas..hehe, padahal dari segi bentuk hampir-hampir mirip ikan mas)
ikan koil ini ga cocok di Aquarium, hanya cocok di kolam...
Jadi ingat ma om gue, kalo soal koil..hobi banget pelihara...


Dzi dan dza yang baru pertama kali kesini...
seneng banget lihat-lihat ikan ini...
sampe gue takut dza (ifa yang kecil)  kecebur kedalam kolam koil ini....


Lihat aja foto-fotnya....




Me and kids...
sedang lihat-lihat ikan....

dzi seneng banget pegang kura-kura ini..
sedangkan 
dedek...
takut..ampe ga berani pegang..



luchu banget yah..lihat   ikan mas koki buntal ini... ga tau deh nama asli ini yang sebenernya apaan..
yang jelas pertama kali lihat, gue sebut ikan buntal..
mirip banget sama ikan buntal yang ada duri n beracun itu....
ya ampun..harga ikan ini juga ga murah...
Rp 200.000 per-ekornya...(wuih..)
kalo cepet mati gimana ya?? nangis semalaman deh gue...
trus kata abangnya, asal ngasih makannya bener dan ga kebanyakan, ikan ini bisa awet bertahun-tahun...


ah masa iya seh???






sebagai perbandingan,
ini ikan mas koki yang biasa,
perut besar, tapi tidak sebesar ikan mas koki buntal yang diatas...
harga dari Rp 5.000 (yang kecil) sampai Rp 20.000


ini adalah salah satu target ikan yang akan dibeli nantinya...
karena ikan ini imut, dan bisa bersinar..
seperti ada neon di badannya..
gue sebutnya  ikan neon...
ikan ini bagusnya kalo dibeli dalam jumbah banyak.
selain dia senengnya hidup berkelompok, 
ikan ini jika banyak, warna lebih terang, lebih kelihatan
harganya juga Rp 2.000-4.000 per-ekornya





ini juga sejenis ikan neon..
(ga tau nama aslinya apaan),
juga sebagai target untuk dibeli..hiihihi..


Setelah melihat dekorasi aquarium Tawar yang satu ini..
kok jadi meng-gebu-gebu ya..
jadi pengen banget punya Aquarium yang bagus...
(padahal sebenernya paling malas yang namanya perawatan Aquarium...)

Iseng-iseng aja nanyain ke si abang yang punya usaha Aquarium ini....
Aquarium ikan darat, ukuran Aquarium 2,5m lebar 1meter..(asal tebak ukuran aquarium dirumah)
Dekorasi tampak 2 muka...
harganya berapaan bang...???

setelah abangnya ngira-ngira...dengan Pasir, dengan batu, dengan tanaman air (hidup)
dengan pohon air, dengan ikan 50 ekor, dengan filter, dengan kipas (agar tanamana airnya bisa tahan lama)
beserta lampu untuk tanaman, plus jasa dekornya...
si abangnya dengan enaknya menyebutkan Rp 6,5juta ... WHAAAAAT??????
(bercanda kamu bang !!!)
6tahun yang lalu aja, mak gue dekor ikan laut cuma 800rb hahahhaa....
(dengan pikiran yang sama, harga masih bisa tetap, itupun juga udah kemahalan...)
kalo jasa dekornya aja Rp 2juta
dan untuk perawatannya Aquarium, datang kerumah, ganti filter, ganti tanamanan Rp 750rb/bulan
weh...lebih mahal dari perawatan swimming poll, ataupun perawatan diri gue huks....

wuiiiiiiih...jadi bubar deh rencana mo punya Aquarium yang cantik neh......

ya udah, coba tanya tempat lain...
dengan fasiltas yang sama seperti di atas, 
abangnya nawarin Rp 4,5juta (terima cantik)
kalo dekor aja 1 juta
weeeh..tetepppppp mahal bang....

untuk jasa dekor aja, di tawar Rp 500rb, si abangnya tetap ga mau...
Fixed Priced istilah kalo di mall... hahaha
sama juga kalo belanja  ikan di jl.sumenep ini...weleleh....

bubaaar..bubarrrrr.punya Aquarium hiassssss............

kalo Aquarium sintestis, ikan tawar mah, biaya dekornya ga semahal yang diatas


paling separonya, karena perawatannya ga seribet kalo pohon2 dan tumbuhannya hidup..
ga pake lampu sama kipas tanaman segala...
Tapi ya..kok kesannya ga wah ya..??
ga elegant...


Dekorasi Aquarium ikan hias ini juga lumayan bagus nih..
simple, hanya bermain dengan pohon yang melebar ke samping..
tanpa banyak pohon-pohon dan tanaman air...






ini salah satu inspirasi Dekorasi Aquarium gue..+ pake pesawat atau mobil nyebur ke air nantinya...



Disana, karena kita udah datengnya ke sorean,
Toko-toko ikan hias jalan sumenep
yang buka dari jam 10 sampai jam 6 sore, udah mulai tutup...

sempetin juga nanya-nanya bahan-bahan atau alat-alatnya...
ternyata ga semahal yang ditawarkan si abang tadi...
mendingan mencoba dekor sendiri deh...
itung-itu belajar, lagian khan gue juga punya nilai seni...
ibarat kata si abang dekor tadi, bisa dekor, asal ada jiwa seninya,
kalo dekor sekali pasti ga bagus, tapi kalo2-3 kali, mungkin dah bisa...

ya udah deh..daripada bayar mahal.
setelah di hitung-hitung murah kok...
untuk  bahan-bahan atau alat-alatnya dekorasi Aquarium Ikan Tawar/ darat
untuk pasir hitam, ada yang harga 15rb/packnya, kalo karung kecil 35rb,
untuk ukuran aQuarium 2,5mx 1m katanya perlu 10karung pasir hitam, artinya khan cuma 350rb
trus pupuk tanaman lautnya, Rp 15rb
pupuk cair, untuk airnya Rp 60rb untuk 2 bulan
sama batu-batu paling harga sama Rp 15rb
untuk tumbuhan air harganya cuma Rp 4rb/potnya..
ada tumbuhan yang tinggian Rp 15rb/pot,
trus untuk pohonnya harganya 60rb-125rb/pohon
kalo lumutnya (buat mempercantik pohonnya) aja Rp 60.000/pack
filter sekitar 200rb-an
kipas 250rb-an
lampu ya hitung-hitung Rp 250rb juga
tambahan lagi, makan ikan murah lah, cuma 10rb/pack
trus ada lagi chiller (pendingin air, untuk tanaman, sejenis AC aquarium, lebih bagus pengganti kipas, ini cuma alternatif, ga kudu punya)
trus satu lagi, sama pemberian makan otomatis buat ikan (hahaha baru tau neh..udah ada sekarang) Rp 250rb
plus ikan dari harga 2rb sampai 50rb,
kalo di itung-itung jauh lebih iritlah... 
modal Rp 1.9juta
(asal PD dekor sendiri...)
dibandingkan si abang tadi, dekornya aja 1juta (net) tambah alaat2 (4juta-6.5juta)

dan ternyata setelah nyampe dirumah,
Panjangnya Aqurium cuma 2m X60cm uh...pantesan si abangnya kemahalan..
kita juga asal maen tebak...
Tapi..tetap akan lebih mahal diupahin dibanding dekor sendiri....

selamat mencoba.......




Baca juga Tulisan berikutnya :

Cara design aQuarium ikan tawar



3 comments:

  1. di tunggu ya nie.... jd penasaran juga ogt....

    ReplyDelete
  2. ni...aquarium nya kasih yg ikan laut lebih bagus deh...ikan warna-warni kayak nemo...dori...

    tapi ya air nya harus air asin... ;)

    ReplyDelete
  3. Aduh mba itu harga kena tipu ya?? Mahal bgt???
    Pasir malang/subtrate hanya 5rb perkantong lmayan gede kadang erb perak kl beli skarung kecing paling 50rb..
    Itu lampu sma kipas 250rebu??? Lampu n kipas apaan???
    Beli di toko elektronic lampu etalase cma 50rebuan panjang 1meter..
    Hehehe tabah ya mba..
    Aquascaping gk hanya dbutuhkan seni tinggi tp jg tingkat DIY nya jg hrus tinggi..
    Kl ngandelin uang walopun jadinya bagus kpuasan rada kurang..
    Coba deh semakin DIY smakin puas hasilnya..

    #SHARE

    ReplyDelete

..Semoga bacaan ini bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan komentar ya..
----Terima Kasih---